Caramantap

Perbedaan Was dan Has: Apa Saja?

×

Perbedaan Was dan Has: Apa Saja?

Share this article

Bagi banyak orang, bahasa Inggris adalah bahasa asing yang seringkali membingungkan. Salah satu permasalahan yang sering muncul ialah perbedaan antara penggunaan kata “was” dan “has”. Kedua kata ini sering digunakan dalam kalimat yang sama, sehingga membingungkan banyak orang. Nah, pada artikel ini, saya akan membahas perbedaan antara “was” dan “has.

Pengertian “Was”

“Was” adalah bentuk lampau dari kata kerja “be”. Kata kerja “be” sendiri berarti “ada” atau “berada”. Jadi, “was” berarti “ada” atau “berada” dalam bentuk lampau. Contoh penggunaan “was” adalah:

I was at the mall yesterday.

Kalimat di atas berarti “Saya ada di mal kemarin”. Kata “was” digunakan karena “ada” atau “berada” terjadi di masa lampau.

Pengertian “Has”

Has” adalah bentuk lampau dari kata kerja “have. Kata kerja “have” berarti “memiliki” atau “punya”. Jadi, “has” berarti “memiliki” atau “punya” dalam bentuk lampau. Contoh penggunaan “has” adalah:

She has just finished her homework.

Kalimat di atas berarti “Dia baru saja menyelesaikan pekerjaannya”. Kata “has” digunakan karena “memiliki” atau “punya” terjadi di masa lampau.

Pos Terkait:  6 Aplikasi Wallpaper Terbaik untuk Android, Bikin HP

Penggunaan “Was” dan “Has” dalam Kalimat

Kedua kata ini sering digunakan dalam kalimat yang sama, sehingga membingungkan banyak orang. Namun, perbedaannya cukup jelas. Jika kata kerja yang digunakan adalah kata kerja biasa, misalnya “go”, maka kita menggunakan “was” atau “is” untuk bentuk lampau atau sekarang. Contoh:

I was going to the store.

Kalimat di atas berarti “Saya sedang pergi ke toko”. Kata “was” digunakan karena “pergi” terjadi di masa lampau.

She is going to the store.

Kalimat di atas berarti “Dia sedang pergi ke toko”. Kata “is” digunakan karena “pergi” terjadi sekarang.

Namun, jika kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bantu (auxiliary verb), misalnya “have”, maka kita menggunakan “has” atau “have” untuk bentuk lampau atau sekarang. Contoh:

I have been to Japan.

Kalimat di atas berarti “Saya pernah ke Jepang”. Kata “have” digunakan karena “pernah ke Jepang” terjadi di masa sekarang. Namun, kita menggunakan “have” karena kalimat tersebut tidak dalam bentuk lampau.

I had been to Japan.

Kalimat di atas berarti “Saya pernah ke Jepang”. Kata “had” digunakan karena “pernah ke Jepang” terjadi di masa lampau.

Kesimpulan

Perbedaan antara “was” dan “has” terletak pada kata kerja yang digunakan. Jika kata kerja yang digunakan adalah kata kerja biasa, maka kita menggunakan “was” atau “is” untuk bentuk lampau atau sekarang. Namun, jika kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bantu, maka kita menggunakan “has” atau “have” untuk bentuk lampau atau sekarang.

Pos Terkait:  Cara Mengganti Suara Quick Chat PUBG Mobile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close