Caramantap

Perbedaan Rangkaian AC dan DC

×

Perbedaan Rangkaian AC dan DC

Share this article

Elektro adalah salah satu bidang ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Rangkaian listrik menjadi salah satu hal yang harus dipahami oleh para ahli elektro. Dalam dunia listrik, ada dua jenis arus listrik yang sering digunakan yaitu AC dan DC. Namun, banyak orang yang masih bingung mengenai perbedaan kedua jenis arus listrik tersebut. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan perbedaan antara rangkaian AC dan DC.

Definisi Arus AC dan DC

Arus AC merupakan jenis arus listrik yang mengalirkan energi listrik secara terus menerus namun arahnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan medan magnet yang terjadi. Sedangkan, arus DC merupakan jenis arus listrik yang mengalirkan energi listrik secara terus menerus namun arahnya tetap.

Karakteristik Arus AC dan DC

Arus AC memiliki karakteristik yang berbeda dengan arus DC. Karakteristik arus AC adalah gelombang sinusoidal, sedangkan arus DC adalah konstan dan tidak berubah-ubah. Selain itu, arus AC memiliki frekuensi yang berbeda-beda tergantung dari sumber listriknya, sedangkan arus DC memiliki nilai yang tetap.

Pos Terkait:  Perbedaan Routing Statis dan Dinamis

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian AC

Kelebihan dari rangkaian AC adalah daya listrik yang dihasilkan dapat diubah-ubah dengan mudah sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, rangkaian AC juga lebih ekonomis karena dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. Namun, kekurangan dari rangkaian AC adalah sulit untuk disimpan dalam bentuk baterai.

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian DC

Kelebihan dari rangkaian DC adalah mudah disimpan dalam bentuk baterai sehingga dapat digunakan sebagai sumber listrik cadangan. Selain itu, rangkaian DC juga lebih stabil karena arahnya selalu tetap. Namun, kekurangan dari rangkaian DC adalah daya listrik yang dihasilkan tidak dapat diubah-ubah dengan mudah.

Contoh Penerapan Rangkaian AC dan DC

Pada rumah tangga, rangkaian AC sering digunakan untuk menyalakan lampu, televisi, dan peralatan elektronik lainnya. Sedangkan, rangkaian DC sering digunakan pada sistem kelistrikan mobil dan pesawat terbang.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara rangkaian AC dan DC terletak pada arah aliran listriknya. Arus AC mengalirkan energi listrik secara terus menerus namun arahnya berubah-ubah sesuai dengan perubahan medan magnet yang terjadi. Sedangkan, arus DC mengalirkan energi listrik secara terus menerus namun arahnya tetap. Masing-masing jenis arus listrik memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari kebutuhan penggunanya.

Pos Terkait:  Perbedaan Dioda 4148 dengan 4007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close