Caramantap

Perbedaan Made dan Make

×

Perbedaan Made dan Make

Share this article

Bagi sebagian orang, bahasa Inggris bisa jadi cukup membingungkan. Salah satu contohnya adalah kata “made” dan “make” yang seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Meski kedua kata tersebut terkesan mirip, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Artikel ini akan membahas secara detail tentang perbedaan antara “made” dan “make” dalam bahasa Inggris.

Pengertian Made dan Make

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan antara kedua kata tersebut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari “made” dan “make.

Made” adalah bentuk lampau dari kata kerja “make” yang berarti membuat atau menciptakan sesuatu. Sedangkan “make” sendiri memiliki beberapa arti, antara lain:

  • Membuat atau menciptakan sesuatu
  • Menyusun atau merencanakan sesuatu
  • Menghasilkan atau memperoleh sesuatu
  • Menjadi sesuatu

Perbedaan dalam Tenses

Salah satu perbedaan paling mendasar antara “made” dan “make” adalah dalam hal penggunaannya dalam tenses. Made” adalah bentuk lampau dari “make”, sehingga digunakan dalam kalimat lampau. Contohnya:

I made a cake yesterday. (Saya membuat kue kemarin.)

Sedangkan “make” digunakan dalam kalimat sekarang atau masa depan. Contohnya:

Pos Terkait:  8 Rekomendasi Game untuk Ibu-ibu, Santai tapi Seru

I am going to make a cake tomorrow. (Saya akan membuat kue besok.)

Perbedaan dalam Arti

Kedua kata tersebut juga memiliki perbedaan dalam arti atau makna. Made” lebih fokus pada proses pembuatan atau penciptaan sesuatu, sedangkan “make” lebih luas dan bisa digunakan dalam berbagai konteks.

Contohnya, “made” digunakan untuk menyatakan bahwa suatu benda atau produk dibuat dengan tangan atau melalui proses pembuatan yang rumit. Sedangkan “make” bisa digunakan dalam berbagai situasi, seperti:

  • Membuat rencana atau strategi
  • Membuat keputusan
  • Membuat kesepakatan
  • Membuat permintaan atau permohonan
  • Membuat kesan atau pengaruh

Contoh Penggunaan

Berikut beberapa contoh penggunaan “made” dalam kalimat:

Sedangkan berikut contoh penggunaan “make” dalam kalimat:

Pos Terkait:  Bagaimana Kedudukan Budaya Daerah Terhadap Budaya Nasional

Kesimpulan

Secara singkat, “made” dan “make” adalah dua kata yang memiliki perbedaan dalam tenses dan arti. Made” digunakan dalam kalimat lampau dan lebih fokus pada proses pembuatan atau penciptaan sesuatu, sedangkan “make” bisa digunakan dalam berbagai situasi dan dalam kalimat sekarang atau masa depan.

Dalam percakapan sehari-hari, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara kedua kata tersebut agar tidak salah penggunaan dan dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close