Caramantap

Mengapa Manusia Purba Hidup Berpindah Pindah?

×

Mengapa Manusia Purba Hidup Berpindah Pindah?

Share this article

Manusia purba hidup berpindah pindah untuk beberapa alasan. Salah satu alasan adalah untuk mencari makanan dan air bersih. Selain itu, perpindahan juga dilakukan untuk menghindari bahaya dan untuk mengikuti musim.

Cari Makanan

Manusia purba hidup sebagai pemburu dan pengumpul makanan. Mereka perlu berpindah pindah untuk mencari sumber makanan yang cukup. Ketika sumber makanan di suatu tempat mulai habis, mereka harus mencari tempat lain untuk memperoleh makanan.

Beberapa spesies hewan yang menjadi sumber makanan mereka mungkin tidak hidup di suatu tempat sepanjang tahun. Sebagai contoh, binatang yang hidup di daerah yang dingin mungkin bermigrasi ke tempat yang lebih hangat pada musim dingin. Oleh karena itu, manusia purba juga harus berpindah pindah untuk mengikuti sumber makanan tersebut.

Air Bersih

Air bersih adalah kebutuhan dasar manusia. Manusia purba hidup di daerah yang belum terlalu banyak tercemar, namun mereka masih harus berpindah pindah untuk mencari sumber air bersih. Mereka mungkin tinggal di suatu tempat untuk jangka waktu yang lama, namun ketika sumber air di tempat tersebut hampir habis, mereka harus mencari tempat lain yang memiliki sumber air yang cukup.

Pos Terkait:  Cara Cek Garansi Huawei - Pastikan Produk Anda Terlindungi

Menghindari Bahaya

Manusia purba hidup di alam liar dan harus berhadapan dengan berbagai bahaya seperti binatang buas dan bencana alam. Ketika suatu tempat menjadi terlalu berbahaya untuk ditinggali, manusia purba harus berpindah pindah untuk mencari tempat yang lebih aman.

Mereka juga bisa berpindah pindah untuk menghindari konflik dengan manusia lain. Pada zaman prasejarah, manusia purba hidup dalam kelompok-kelompok kecil. Jika terjadi konflik dengan kelompok lain, mereka harus berpindah pindah untuk menghindari pertikaian tersebut.

Mengikuti Musim

Musim juga dapat mempengaruhi perpindahan manusia purba. Pada musim dingin, mereka mungkin berpindah ke tempat yang lebih hangat untuk menghindari cuaca yang ekstrem. Pada musim panas, mereka mungkin berpindah ke tempat yang lebih dingin untuk menghindari suhu yang terlalu panas.

Perpindahan juga dapat dipengaruhi oleh musim tanam dan panen. Manusia purba hidup sebagai petani dan perlu mencari tanah yang subur untuk menanam tanaman mereka. Ketika musim tanam berakhir, mereka mungkin berpindah ke tempat lain untuk mencari tanah yang lebih subur untuk musim panen berikutnya.

Kesimpulan

Manusia purba hidup berpindah pindah untuk mencari makanan dan air bersih, menghindari bahaya, dan mengikuti musim. Mereka hidup sebagai pemburu dan pengumpul makanan dan harus berpindah pindah untuk mencari sumber makanan yang cukup. Mereka juga harus berpindah pindah untuk mencari sumber air yang cukup dan untuk menghindari bahaya seperti binatang buas dan bencana alam. Perpindahan juga dapat dipengaruhi oleh musim dan musim tanam dan panen. Dengan berpindah pindah, manusia purba dapat memperoleh sumber daya yang cukup untuk bertahan hidup.

Pos Terkait:  Tembus 10 Juta Subscriber, Segini Estimasi Pendapatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close