Caramantap

Jelaskan yang Dimaksud Kebudayaan Nonmaterial

×

Jelaskan yang Dimaksud Kebudayaan Nonmaterial

Share this article

Pengertian Kebudayaan Nonmaterial

Kebudayaan nonmaterial adalah segala bentuk kebudayaan yang tidak berwujud atau tidak dapat dipegang oleh tangan. Kebudayaan ini meliputi aspek-aspek seperti agama, filsafat, moral, etika, dan norma-norma sosial. Kebudayaan nonmaterial juga terdiri dari bahasa, seni, musik, tarian, dan berbagai bentuk kebudayaan lainnya yang tidak memiliki bentuk fisik.

Contoh Kebudayaan Nonmaterial

Contoh kebudayaan nonmaterial adalah adat istiadat, kepercayaan, nilai-nilai, tradisi, dan cerita rakyat. Semua hal ini merupakan bagian dari kebudayaan nonmaterial karena tidak memiliki bentuk fisik yang dapat dilihat atau disentuh.

Pentingnya Kebudayaan Nonmaterial

Kebudayaan nonmaterial sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Hal ini dikarenakan kebudayaan nonmaterial dapat membentuk karakter dan perilaku manusia. Selain itu, kebudayaan nonmaterial juga dapat menentukan norma-norma sosial dan etika yang harus diikuti oleh masyarakat.

Mempertahankan Kebudayaan Nonmaterial

Untuk mempertahankan kebudayaan nonmaterial, diperlukan upaya yang konsisten dan berkelanjutan. Salah satunya adalah dengan mengajarkan kebudayaan nonmaterial kepada generasi muda. Mengajarkan kebudayaan nonmaterial akan membantu mereka memahami dan menghargai kebudayaan sendiri serta menghindari pergeseran budaya yang tidak diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Cheat Mobile Legend Darah Kebal

Kesimpulan

Kebudayaan nonmaterial merupakan segala bentuk kebudayaan yang tidak berwujud atau tidak dapat dipegang oleh tangan. Kebudayaan ini meliputi aspek-aspek seperti agama, filsafat, moral, etika, dan norma-norma sosial. Kebudayaan nonmaterial sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia karena dapat membentuk karakter dan perilaku manusia. Untuk mempertahankan kebudayaan nonmaterial, diperlukan upaya yang konsisten dan berkelanjutan, salah satunya adalah dengan mengajarkan kebudayaan nonmaterial kepada generasi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close