Caramantap

Cara Mengatasi Printer Not Responding

×

Cara Mengatasi Printer Not Responding

Share this article

Printer merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam kegiatan mencetak dokumen. Namun, terkadang printer tidak merespon ketika kita mencetak dokumen. Hal ini sangat mengganggu aktivitas kita. Berikut adalah cara mengatasi printer not responding.

1. Periksa Koneksi Printer dan Komputer

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa koneksi antara printer dan komputer. Pastikan kabel USB telah terhubung dengan baik dan tidak ada masalah pada kabel tersebut. Jika kabel USB sudah terhubung dengan baik, coba lepas dan pasang kembali kabel USB tersebut.

2. Restart Printer dan Komputer

Jika koneksi antara printer dan komputer sudah diperiksa dan masih terjadi printer not responding, coba restart printer dan komputer. Matikan printer dan komputer, tunggu beberapa saat, kemudian nyalakan kembali.

3. Periksa Tinta atau Toner Printer

Periksa tinta atau toner pada printer. Pastikan tinta atau toner tidak habis atau kurang. Jika tinta atau toner habis atau kurang, ganti dengan tinta atau toner yang baru.

Pos Terkait:  Cara Membuat Pelana Di Minecraft Gambar

4. Periksa Status Printer pada Komputer

Periksa status printer pada komputer. Buka Control Panel, pilih Devices and Printers, kemudian pilih printer yang tidak merespon. Pastikan printer tersebut terhubung dengan baik dan status printer tidak mencantumkan masalah.

5. Uninstall dan Install Ulang Driver Printer

Jika printer not responding masih terjadi, coba uninstall dan install ulang driver printer. Buka Control Panel, pilih Devices and Printers, kemudian pilih printer yang tidak merespon. Klik kanan pada printer tersebut, kemudian pilih Remove Device. Setelah printer dihapus, install ulang driver printer dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

6. Periksa Firewall dan Antivirus

Periksa Firewall dan Antivirus pada komputer. Kadang-kadang Firewall dan Antivirus dapat memblokir koneksi printer ke komputer. Pastikan Firewall dan Antivirus tidak memblokir koneksi printer ke komputer.

7. Reset Printer

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan printer masih not responding, coba reset printer. Setiap printer memiliki cara reset yang berbeda-beda, cari tahu cara reset printer pada manual printer atau cari di internet.

8. Bawa ke Service Center

Jika printer masih not responding setelah melakukan cara di atas, bawa printer ke service center terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Pos Terkait:  Cara Melihat Password Email Orang Lain

Kesimpulan

Printer not responding dapat mengganggu aktivitas kita dalam mencetak dokumen. Namun, dengan melakukan beberapa cara di atas, kita dapat mengatasi printer not responding. Periksa koneksi printer dan komputer, restart printer dan komputer, periksa tinta atau toner printer, periksa status printer pada komputer, uninstall dan install ulang driver printer, periksa Firewall dan Antivirus, reset printer, dan bawa ke service center jika semua cara di atas tidak berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close