Caramantap

Bagaimana Prinsip Kerja Penangkal Petir?

×

Bagaimana Prinsip Kerja Penangkal Petir?

Share this article

Pendahuluan

Petir adalah fenomena alam yang sangat sering terjadi di seluruh dunia. Fenomena ini terjadi karena adanya perbedaan potensial listrik antara awan dan bumi. Kejadian petir ini tentunya sangat membahayakan bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang dapat menangkal petir tersebut, yang dikenal dengan penangkal petir. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana prinsip kerja penangkal petir.

Prinsip Kerja Penangkal Petir

Penangkal petir bekerja dengan prinsip dasar bahwa arus listrik akan mencari jalan terpendek menuju ke tanah. Oleh karena itu, penangkal petir dirancang untuk menarik arus petir tersebut agar tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan atau lingkungan sekitar.

Komponen Penangkal Petir

Penangkal petir terdiri dari beberapa komponen, di antaranya:1. Tiang Penangkal PetirTiang penangkal petir terbuat dari bahan konduktor yang dapat mengalirkan arus listrik dengan baik, seperti tembaga atau alumunium. Tiang ini diletakkan di puncak bangunan dan dihubungkan dengan kabel konduktor yang menuju ke tanah.2. Kabel KonduktorKabel konduktor ini berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari tiang penangkal petir ke tanah. Kabel ini harus memiliki ukuran yang tepat dan terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi dan cuaca.3. Grounding SystemGrounding system adalah sistem yang terdiri dari beberapa elektroda yang ditanam dalam tanah. Elektroda ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari kabel konduktor ke tanah dengan aman.4. Surge ArresterSurge arrester adalah komponen yang diletakkan pada panel listrik di dalam bangunan. Komponen ini berfungsi untuk melindungi peralatan listrik dalam bangunan dari kerusakan akibat lonjakan arus listrik yang disebabkan oleh petir.

Pos Terkait:  Cara Membiakkan Ulat Jerman Gambar

Prinsip Kerja Penangkal Petir Tipe Franklin

Penangkal petir tipe Franklin adalah salah satu jenis penangkal petir yang paling umum digunakan. Prinsip kerja penangkal petir ini adalah dengan menghasilkan ion positif pada ujung tiang penangkal petir saat terjadi perbedaan potensial listrik antara awan dan bumi. Ion positif ini akan menarik ion negatif yang ada di awan, sehingga terjadi aliran listrik yang mengalir melalui kabel konduktor menuju ke tanah.

Kelebihan dan Kekurangan Penangkal Petir Tipe Franklin

Kelebihan dari penangkal petir tipe Franklin adalah:1. Harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis penangkal petir lainnya.2. Mudah dipasang dan dirawat.3. Efektif menangkal petir pada bangunan yang tinggi.Namun, penangkal petir tipe Franklin juga memiliki kekurangan, yaitu:1. Tidak dapat menangkal petir dengan jangkauan yang luas.2. Tidak efektif menangkal petir pada bangunan yang rendah.

Penutup

Penangkal petir merupakan alat yang sangat penting untuk menangkal petir yang dapat membahayakan manusia dan lingkungan sekitar. Prinsip kerja penangkal petir terutama berdasarkan pada konduktivitas arus listrik dan penarikan ion positif pada ujung tiang penangkal petir. Jenis penangkal petir yang paling umum digunakan adalah penangkal petir tipe Franklin, yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, pemilihan jenis penangkal petir harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar dan kebutuhan bangunan.

Pos Terkait:  Jelaskan Proses Perkembangan Bahasa Anak Menurut Teori Empiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close