Caramantap

Bagaimana Cara Mendapatkan Kerosin dan Bensin dari Minyak Bumi

×

Bagaimana Cara Mendapatkan Kerosin dan Bensin dari Minyak Bumi

Share this article

Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang paling berharga di dunia saat ini. Selain digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan, minyak bumi juga digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai produk industri seperti plastik, pupuk, dan kosmetik. Namun, sebelum bisa digunakan, minyak bumi harus diolah terlebih dahulu menjadi berbagai macam produk turunan, termasuk kerosin dan bensin.

Pengertian Minyak Bumi

Minyak bumi adalah cairan kental yang terdiri dari campuran hidrokarbon yang ditemukan di dalam lapisan bumi. Minyak bumi terbentuk dari sisa-sisa organisme yang terkubur di dalam lapisan tanah jutaan tahun yang lalu. Proses pembentukan minyak bumi membutuhkan tekanan dan suhu yang sangat tinggi dan memakan waktu puluhan hingga ratusan tahun.

Komposisi Minyak Bumi

Minyak bumi terdiri dari campuran berbagai macam hidrokarbon, termasuk senyawa-senyawa seperti metana, etana, propana, butana, pentana, dan heksana. Selain itu, minyak bumi juga mengandung senyawa-senyawa non-hidrokarbon seperti nitrogen, oksigen, dan belerang.

Proses Pengolahan Minyak Bumi

Proses pengolahan minyak bumi dilakukan di kilang minyak yang terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah proses penyulingan, di mana minyak bumi dipanaskan hingga menguap dan kemudian dikondensasi menjadi berbagai macam produk turunan seperti LPG, bensin, diesel, dan kerosin.

Pos Terkait:  Cara Main Akinator, Aplikasi yang Bisa Baca Pikiran Kamu

Tahap kedua adalah proses pemisahan, di mana berbagai produk turunan yang dihasilkan dari penyulingan dipisahkan berdasarkan titik didihnya. Produk dengan titik didih yang lebih rendah seperti bensin dipisahkan terlebih dahulu, sedangkan produk dengan titik didih yang lebih tinggi seperti diesel dan kerosin dipisahkan kemudian.

Pembuatan Kerosin dan Bensin

Setelah dipisahkan dari produk turunan lainnya, kerosin dan bensin kemudian diproses lebih lanjut di kilang minyak. Proses ini meliputi beberapa tahap seperti hidrodesulfurisasi, hidrokraking, dan katalisis. Tahap-tahap ini bertujuan untuk menghilangkan senyawa-senyawa belerang dan nitrogen dari kerosin dan bensin sehingga produk yang dihasilkan lebih bersih dan ramah lingkungan.

Penggunaan Kerosin dan Bensin

Kerosin dan bensin adalah dua jenis bahan bakar yang paling banyak digunakan di dunia. Kerosin biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk pesawat terbang dan mesin diesel, sedangkan bensin digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor seperti mobil, motor, dan sepeda motor. Kedua jenis bahan bakar ini memiliki nilai kalor yang tinggi dan relatif mudah didapatkan, sehingga sangat populer di kalangan masyarakat.

Persediaan Minyak Bumi

Di Indonesia, minyak bumi menjadi salah satu sumber daya alam yang paling penting. Indonesia memiliki cadangan minyak bumi yang sangat besar dan menjadi salah satu eksportir minyak bumi terbesar di dunia. Namun, karena sifat minyak bumi yang tidak dapat diperbaharui dan semakin menipisnya cadangan minyak bumi, maka dibutuhkan usaha untuk mengembangkan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pos Terkait:  Cara Mengganti Cartridge Canon IP2770

Conclusion

Dalam rangka memenuhi kebutuhan energi dunia yang semakin meningkat, pengolahan minyak bumi menjadi kerosin dan bensin menjadi sangat penting. Kerosin dan bensin adalah dua jenis bahan bakar yang paling banyak digunakan di dunia, sehingga membutuhkan pasokan yang stabil dan berkualitas tinggi. Namun, karena sifat minyak bumi yang tidak dapat diperbaharui, maka dibutuhkan usaha untuk mengembangkan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close