Caramantap

Perbedaan Waktu PM dan AM

×

Perbedaan Waktu PM dan AM

Share this article

Pengenalan

Waktu telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Dalam kesehariannya, manusia dihadapkan pada berbagai macam kegiatan yang harus dilakukan pada waktu yang tepat. Salah satu hal yang sering membingungkan adalah perbedaan antara waktu PM dan AM. Apa sih perbedaan antara keduanya?

AM

AM adalah singkatan dari ante meridiem, yang berarti “sebelum tengah hari”. Dalam sistem jam 12 jam, waktu AM terjadi antara tengah malam hingga menjelang siang. Jadi, ketika jam menunjukkan angka 5:30 AM, berarti sudah pukul 5:30 pagi.

PM

Sementara itu, PM adalah singkatan dari post meridiem, yang berarti “setelah tengah hari. Waktu PM terjadi antara siang hingga tengah malam. Misalnya, ketika jam menunjukkan angka 5:30 PM, artinya sudah pukul 5:30 sore atau malam.

Sistem Jam 12 Jam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perbedaan antara waktu PM dan AM terkait dengan sistem jam 12 jam. Sistem jam ini umumnya digunakan di Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara lainnya. Namun, di sebagian besar negara lain, sistem jam 24 jam lebih umum digunakan.

Pos Terkait:  Cara Melakukan Gerakan Gerakan Dasar Balet

Contoh Penggunaan

Saat menghadapi perbedaan waktu PM dan AM, seringkali kita harus memperhatikan waktu secara teliti. Sebagai contoh, ketika kita memiliki janji pada pukul 3:00 PM, maka artinya kita harus datang pada pukul 3:00 sore atau malam. Namun, jika janji tersebut pada pukul 3:00 AM, maka kita harus datang pada pukul 3:00 pagi.

Perbedaan Waktu Antar Negara

Selain perbedaan waktu PM dan AM, kita juga harus memperhatikan perbedaan waktu antar negara. Sebagai contoh, ketika kita melakukan perjalanan dari Indonesia ke Amerika Serikat, kita harus memperhatikan perbedaan waktu. Waktu di Indonesia lebih cepat 11 jam dari waktu di Amerika Serikat. Jadi, ketika di Indonesia sudah pukul 7 pagi, di Amerika Serikat masih pukul 8 malam hari sebelumnya.

Penutup

Perbedaan waktu PM dan AM seringkali membingungkan, terutama bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan sistem jam 12 jam. Namun, dengan memahami perbedaan tersebut, kita dapat memanfaatkannya dengan baik dalam keseharian kita. Jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan perbedaan waktu antar negara ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close