Caramantap

Mengapa Jumlah Besaran Pokok Tidak Bisa Bertambah Lagi

×

Mengapa Jumlah Besaran Pokok Tidak Bisa Bertambah Lagi

Share this article

Ada beberapa jenis besaran yang biasa digunakan dalam fisika, salah satunya adalah besaran pokok. Besaran pokok merupakan besaran dasar yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi besaran yang lebih mendasar. Ada 7 jenis besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, arus listrik, suhu, banyaknya zat, dan intensitas cahaya.

Definisi Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang digunakan sebagai dasar dalam pengukuran suatu fenomena fisika. Besaran pokok tidak dapat diuraikan lagi menjadi besaran yang lebih mendasar, sehingga besaran pokok dijadikan sebagai acuan dalam pengukuran besaran-besaran lainnya.

Kenapa Jumlah Besaran Pokok Tidak Bisa Bertambah Lagi?

Jumlah besaran pokok yang digunakan dalam fisika saat ini adalah 7 jenis besaran. Ada beberapa alasan mengapa jumlah besaran pokok tidak bisa bertambah lagi, di antaranya:

1. Keterbatasan Manusia

Jumlah besaran pokok yang digunakan saat ini sudah dianggap mencukupi untuk mengukur fenomena-fenomena fisika yang ada di alam. Kita sebagai manusia memiliki keterbatasan dalam memahami dan mengukur fenomena-fenomena tersebut, sehingga tidak perlu menambah jumlah besaran pokok yang digunakan.

Pos Terkait:  Cara Naikkan Follower Instagram untuk Meningkatkan Popularitas Akun Anda

2. Konsistensi dan Kesepakatan

Penentuan besaran pokok haruslah konsisten dan disepakati oleh komunitas ilmiah internasional. Jika jumlah besaran pokok bertambah lagi, maka akan sulit untuk mencapai konsistensi dan kesepakatan dalam pengukuran fenomena-fenomena fisika.

3. Pengaruh pada Sistem Satuan

Jumlah besaran pokok yang digunakan juga berpengaruh pada sistem satuan yang digunakan dalam fisika. Jika jumlah besaran pokok bertambah lagi, maka sistem satuan yang digunakan juga harus diubah, yang akan menimbulkan banyak masalah dalam pengukuran fenomena-fenomena fisika.

4. Keterkaitan dan Ketergantungan Antar Besaran

Besaran-besaran yang digunakan dalam fisika saling terkait dan saling bergantung satu sama lain. Oleh karena itu, jika jumlah besaran pokok bertambah lagi, maka akan berdampak pada keterkaitan dan ketergantungan antar besaran tersebut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, jumlah besaran pokok yang digunakan dalam fisika saat ini sudah mencukupi untuk mengukur fenomena-fenomena fisika yang ada di alam. Tidak perlu menambah jumlah besaran pokok yang digunakan karena hal tersebut akan menimbulkan banyak masalah dalam pengukuran fenomena-fenomena fisika. Penentuan besaran pokok haruslah konsisten dan disepakati oleh komunitas ilmiah internasional agar dapat mencapai konsistensi dan kesepakatan dalam pengukuran fenomena-fenomena fisika.

Pos Terkait:  Cara Mengukur Tinggi Badan Menggunakan HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close