Perbedaan Kewajiban Asasi dan Kewajiban Warga Negara

Posted on

Sebagai warga negara yang baik, kita dituntut untuk memahami dan melaksanakan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh negara. Kewajiban-kewajiban tersebut dibagi menjadi dua, yaitu kewajiban asasi dan kewajiban warga negara. Namun, apakah perbedaan antara kewajiban asasi dan kewajiban warga negara? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Kewajiban Asasi

Kewajiban asasi adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh manusia tanpa terkecuali. Kewajiban asasi ini berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki kewarganegaraan. Kewajiban asasi juga diakui oleh hukum internasional sebagai hak asasi manusia.

Beberapa contoh kewajiban asasi yang harus dilaksanakan oleh seluruh manusia adalah hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan pendidikan, dan hak untuk memilih agama. Kewajiban asasi ini harus dilaksanakan tanpa terkecuali dan tidak boleh dilanggar oleh siapapun.

Kewajiban Warga Negara

Kewajiban warga negara adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia. Kewajiban warga negara ini diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Pos Terkait:  Cara Menghapus Siaran Langsung di Instagram

Beberapa contoh kewajiban warga negara yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia adalah membayar pajak, mematuhi peraturan perundang-undangan, serta ikut serta dalam pemilihan umum. Kewajiban warga negara harus dilaksanakan secara sadar dan bertanggung jawab untuk memajukan negara dan bangsa.

Perbedaan Kewajiban Asasi dan Kewajiban Warga Negara

Perbedaan antara kewajiban asasi dan kewajiban warga negara terletak pada sifat dan ruang lingkupnya. Kewajiban asasi bersifat universal dan berlaku bagi seluruh manusia tanpa terkecuali, sedangkan kewajiban warga negara hanya berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia.

Secara ruang lingkup, kewajiban asasi meliputi hak-hak yang sangat mendasar bagi keberlangsungan hidup manusia, sedangkan kewajiban warga negara meliputi kewajiban-kewajiban yang berkaitan dengan kepentingan negara dan bangsa.

Kesimpulan

Dalam menjalankan kewajiban sebagai warga negara, kita harus memahami perbedaan antara kewajiban asasi dan kewajiban warga negara. Kita harus sadar dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban warga negara untuk memajukan negara dan bangsa. Selain itu, kita juga harus mematuhi kewajiban asasi sebagai manusia yang harus dilaksanakan tanpa terkecuali.

Pos Terkait:  Cara Melihat Postingan yang Disukai di Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *