Caramantap

Apakah SIM Indonesia Berlaku di Malaysia 2018?

×

Apakah SIM Indonesia Berlaku di Malaysia 2018?

Share this article

Jika Anda berencana untuk berkendara di Malaysia, pertanyaan yang mungkin muncul di pikiran Anda adalah apakah SIM Indonesia berlaku di Malaysia? Apakah Anda harus mengambil SIM Malaysia untuk berkendara di sana? Di artikel ini, kita akan membahas apakah SIM Indonesia berlaku di Malaysia dan apa yang harus dilakukan jika Anda ingin berkendara di negara tersebut.

Persyaratan SIM di Indonesia

Sebelum membahas apakah SIM Indonesia berlaku di Malaysia, ada baiknya kita membahas persyaratan SIM di Indonesia terlebih dahulu. Di Indonesia, SIM dibagi menjadi empat jenis:

Untuk mengambil SIM di Indonesia, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, Anda harus memiliki KTP. Kedua, Anda harus lulus ujian teori dan ujian praktek. Terakhir, Anda harus membayar biaya untuk mengambil SIM.

Apakah SIM Indonesia Berlaku di Malaysia?

Sebenarnya, jawaban untuk pertanyaan ini tergantung pada jenis SIM yang Anda miliki. Jika Anda memiliki SIM Internasional (SIM Internasional adalah jenis SIM yang diberikan oleh negara untuk digunakan di negara lain), maka SIM Indonesia Anda akan berlaku di Malaysia. Namun, jika Anda tidak memiliki SIM Internasional, maka Anda harus mengambil SIM Malaysia untuk berkendara di negara tersebut.

Pos Terkait:  Cara Melupakan Sandi Wifi di Laptop dengan Mudah

Jadi, jika Anda berencana untuk berkendara di Malaysia, pastikan Anda memiliki SIM Internasional. Jika Anda tidak memiliki SIM Internasional, Anda harus mengambil SIM Malaysia sebelum Anda dapat berkendara di negara tersebut.

Bagaimana Cara Mengambil SIM Internasional?

Jika Anda ingin mengambil SIM Internasional, Anda harus mengunjungi kantor kepolisian terdekat di Indonesia. Di sana, Anda harus mengisi formulir permohonan dan membayar biaya untuk mengambil SIM Internasional. Setelah Anda memiliki SIM Internasional, Anda dapat menggunakannya untuk berkendara di negara-negara yang telah menandatangani Konvensi Wina tentang Lalu Lintas Jalan Raya.

Bagaimana Cara Mengambil SIM Malaysia?

Jika Anda tidak memiliki SIM Internasional dan ingin berkendara di Malaysia, Anda harus mengambil SIM Malaysia. Untuk mengambil SIM Malaysia, Anda harus mengunjungi Jabatan Pengangkutan Jalan (JPJ) Malaysia. Di sana, Anda harus membawa paspor Anda, dokumen pengenal diri, dan dokumen kendaraan Anda. Anda juga harus lulus ujian teori dan ujian praktek untuk mengambil SIM Malaysia.

Simak Video Berikut Ini

Jika Anda masih bingung tentang apakah SIM Indonesia berlaku di Malaysia atau tidak, Anda dapat menonton video berikut ini:

Kesimpulan

Apakah SIM Indonesia berlaku di Malaysia? Jawabannya tergantung pada jenis SIM yang Anda miliki. Jika Anda memiliki SIM Internasional, maka SIM Indonesia Anda akan berlaku di Malaysia. Namun, jika Anda tidak memiliki SIM Internasional, Anda harus mengambil SIM Malaysia untuk berkendara di negara tersebut. Jadi, pastikan Anda memiliki SIM Internasional jika Anda berencana untuk berkendara di Malaysia.

Pos Terkait:  Mengapa Putera Dibubarkan 2: Menggali Alasan di Balik Keputusan Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close