Caramantap

Apakah Setelah Memakai Serum Harus Cuci Muka?

×

Apakah Setelah Memakai Serum Harus Cuci Muka?

Share this article

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit sehat dan cantik. Untuk itu, banyak orang yang melakukan perawatan kulit, salah satunya dengan menggunakan serum. Serum memiliki kandungan bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal.

Namun, seringkali muncul pertanyaan dari para pengguna serum, apakah setelah menggunakan serum harus mencuci muka lagi atau tidak? Sebenarnya, hal ini tergantung dari jenis serum yang digunakan dan kebiasaan perawatan kulit masing-masing orang.

Serum Berbasis Air

Untuk serum yang berbasis air, biasanya tidak perlu dicuci muka lagi setelah menggunakannya. Hal ini karena serum berbasis air memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Selain itu, serum berbasis air juga tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit.

Jika kulit kamu tergolong normal atau kering, kamu bisa langsung melanjutkan perawatan kulitmu setelah menggunakan serum berbasis air. Namun, jika kulitmu tergolong berminyak atau kombinasi, kamu bisa menggunakan toner atau astringent untuk membersihkan sisa serum yang masih menempel pada kulit.

Serum Berbasis Minyak

Sedangkan untuk serum berbasis minyak, kamu sebaiknya mencuci muka lagi setelah menggunakannya. Hal ini karena serum berbasis minyak cenderung lebih tebal dan berat, sehingga dapat meninggalkan rasa lengket pada kulit.

Pos Terkait:  Cara Menggambar Cupcake Gambar

Setelah menggunakan serum berbasis minyak, sebaiknya kamu membersihkan sisa serum yang masih menempel pada kulit dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perawatan kulitmu dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit lainnya.

Kebiasaan Perawatan Kulit

Selain itu, kebiasaan perawatan kulit masing-masing orang juga dapat mempengaruhi apakah setelah menggunakan serum harus mencuci muka lagi atau tidak. Jika kamu terbiasa menggunakan produk perawatan kulit yang lebih banyak, sebaiknya kamu mencuci muka lagi setelah menggunakan serum.

Hal ini untuk memastikan bahwa semua produk perawatan kulit yang digunakan meresap ke dalam kulit dengan maksimal dan tidak meninggalkan sisa yang dapat menyumbat pori-pori. Namun, jika kamu hanya menggunakan serum sebagai produk perawatan kulitmu, maka tidak perlu mencuci muka lagi setelah menggunakannya.

Kesimpulan

Apakah setelah memakai serum harus cuci muka? Jawabannya tergantung dari jenis serum yang digunakan dan kebiasaan perawatan kulit masing-masing orang. Jika menggunakan serum berbasis air, biasanya tidak perlu mencuci muka lagi. Namun, jika menggunakan serum berbasis minyak, sebaiknya mencuci muka lagi untuk membersihkan sisa serum yang menempel pada kulit.

Selain itu, kebiasaan perawatan kulit masing-masing orang juga dapat mempengaruhi apakah setelah menggunakan serum harus mencuci muka lagi atau tidak. Pastikan kamu membersihkan sisa serum dengan baik agar dapat memaksimalkan manfaat dari produk perawatan kulit yang kamu gunakan.

Pos Terkait:  Apakah Viu Boros Kuota? Simak Ulasannya di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close