Caramantap

Perbedaan Waktu Manila dan Jakarta

×

Perbedaan Waktu Manila dan Jakarta

Share this article

Waktu adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam hal bepergian dan berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Namun, kadang-kadang kita mungkin bingung tentang perbedaan waktu antara dua kota atau negara yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan waktu antara Manila dan Jakarta.

Waktu di Manila

Manila adalah ibu kota Filipina dan terletak di zona waktu UTC+8. Ini berarti bahwa selama musim dingin, perbedaan waktu antara Manila dan UTC (waktu universal) adalah 8 jam, sementara selama musim panas, perbedaan waktu antara Manila dan UTC adalah 7 jam.

Manila juga mengamalkan penggunaan waktu musim panas (daylight saving time), yang berarti waktu setempat maju satu jam selama musim panas. Namun, ini tidak selalu terjadi setiap tahun dan keputusan untuk menerapkannya bergantung pada pemerintah Filipina.

Waktu di Jakarta

Jakarta adalah ibu kota Indonesia dan terletak di zona waktu UTC+7. Ini berarti bahwa perbedaan waktu antara Jakarta dan UTC selama musim dingin adalah 7 jam, sedangkan selama musim panas, perbedaan waktu antara Jakarta dan UTC adalah 6 jam.

Pos Terkait:  8 Pemain Voli Paling Terkenal di Haikyuu, Nomor 1 Bukan

Indonesia tidak menerapkan penggunaan waktu musim panas, jadi waktunya tetap sama sepanjang tahun.

Perbedaan Waktu Antara Manila dan Jakarta

Karena perbedaan zona waktu antara Manila dan Jakarta adalah satu jam, maka jika saat ini pukul 12.00 siang di Manila, itu akan menjadi pukul 11.00 siang di Jakarta. Sebaliknya, jika saat ini pukul 12.00 siang di Jakarta, itu akan menjadi pukul 13.00 siang di Manila.

Ini berarti bahwa jika Anda ingin menghubungi seseorang di Jakarta dari Manila, Anda harus mengingat perbedaan waktu satu jam ini agar tidak mengganggu mereka di tengah malam. Hal yang sama berlaku jika Anda ingin melakukan panggilan konferensi atau mengatur jadwal pertemuan antara dua kota ini.

Perbedaan Waktu Selama Perjalanan

Jika Anda melakukan perjalanan dari Manila ke Jakarta atau sebaliknya, Anda juga harus memperhatikan perbedaan waktu antara dua kota ini. Misalnya, jika Anda terbang dari Manila ke Jakarta, Anda harus mengubah jam tangan Anda satu jam mundur untuk menyesuaikan dengan waktu setempat di Jakarta.

Hal yang sama berlaku jika Anda melakukan perjalanan dari Jakarta ke Manila. Anda harus mengubah jam tangan Anda satu jam maju untuk menyesuaikan dengan waktu setempat di Manila.

Pos Terkait:  Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu, Cepat dan Akurat

Kesimpulan

Perbedaan waktu antara Manila dan Jakarta adalah satu jam. Manila terletak di zona waktu UTC+8 selama musim dingin dan UTC+7 selama musim panas, sementara Jakarta terletak di zona waktu UTC+7 sepanjang tahun. Jadi, jika Anda ingin menghubungi seseorang di kota lain, pastikan Anda memperhatikan perbedaan waktu ini untuk menghindari kesalahpahaman dan ketidaknyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close