Caramantap

Perbedaan Asuransi TLO dan Comprehensive

×

Perbedaan Asuransi TLO dan Comprehensive

Share this article

Asuransi mobil merupakan salah satu jenis asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Asuransi mobil sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah asuransi TLO dan comprehensive. Namun, banyak yang bingung dengan perbedaan kedua jenis asuransi tersebut. Berikut adalah penjelasan perbedaan asuransi TLO dan comprehensive:

Asuransi TLO

Asuransi TLO atau Total Lost Only adalah jenis asuransi mobil yang hanya memberikan perlindungan jika kendaraan yang diasuransikan mengalami kerusakan parah atau hilang secara total. Kerusakan yang dimaksud adalah kerusakan yang mencapai 75% dari nilai pertanggungan atau kendaraan tidak ditemukan dalam waktu 30 hari setelah dilaporkan kehilangan.

Asuransi TLO memberikan perlindungan untuk kerusakan atau kehilangan kendaraan akibat kecelakaan, pencurian, dan kebakaran. Namun, asuransi TLO tidak memberikan perlindungan untuk kerusakan kecil atau sedang pada kendaraan.

Asuransi TLO biasanya lebih murah dibandingkan dengan asuransi comprehensive. Namun, perlindungan yang diberikan juga lebih terbatas.

Asuransi Comprehensive

Asuransi comprehensive atau sering disebut all risk adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan lebih lengkap daripada asuransi TLO. Asuransi comprehensive memberikan perlindungan untuk kerusakan atau kehilangan kendaraan akibat kecelakaan, pencurian, kebakaran, dan juga kerusakan kecil atau sedang pada kendaraan.

Pos Terkait:  Perbedaan DVD-R dan DVD-RW: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Asuransi comprehensive juga memberikan perlindungan untuk kerusakan yang disebabkan karena faktor alam seperti banjir, angin kencang, atau gempa bumi. Selain itu, asuransi comprehensive juga memberikan perlindungan untuk biaya tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga akibat kecelakaan yang terjadi.

Asuransi comprehensive biasanya lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. Namun, perlindungan yang diberikan juga lebih lengkap dan lebih banyak.

Keputusan Memilih Asuransi

Keputusan untuk memilih asuransi TLO atau comprehensive tergantung pada kebutuhan dan budget masing-masing pemilik kendaraan. Jika kendaraan yang dimiliki relatif baru dan bernilai tinggi, maka sebaiknya memilih asuransi comprehensive untuk memberikan perlindungan yang lebih lengkap. Namun, jika kendaraan yang dimiliki sudah tua dan bernilai rendah, maka asuransi TLO bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Selain itu, perlu diperhatikan juga mengenai besaran premi yang harus dibayar. Premi untuk asuransi comprehensive memang lebih mahal, namun jika dilihat dari jumlah perlindungan yang diberikan, premi tersebut sebanding dengan manfaat yang akan diterima.

Kesimpulan

Perbedaan asuransi TLO dan comprehensive terletak pada jenis perlindungan yang diberikan. Asuransi TLO hanya memberikan perlindungan untuk kerusakan parah atau hilang secara total, sedangkan asuransi comprehensive memberikan perlindungan yang lebih lengkap dan lebih banyak. Keputusan untuk memilih asuransi TLO atau comprehensive tergantung pada kebutuhan dan budget masing-masing pemilik kendaraan.

Pos Terkait:  Cara Mengambil Foto Profil di Instagram Lewat HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close