Caramantap

Perbedaan Asuransi Kesehatan Konvensional dan Managed Care

×

Perbedaan Asuransi Kesehatan Konvensional dan Managed Care

Share this article

Asuransi kesehatan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi risiko kesehatan di masa depan. Namun, dengan berbagai jenis asuransi kesehatan yang tersedia di pasaran, memilih yang tepat dapat menjadi tantangan tersendiri. Dua jenis asuransi kesehatan yang paling umum adalah konvensional dan managed care. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Definisi

Asuransi kesehatan konvensional adalah jenis asuransi kesehatan yang memberikan kebebasan dalam memilih dokter dan fasilitas kesehatan. Sementara itu, managed care adalah jenis asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi bekerja sama dengan dokter dan rumah sakit untuk memberikan layanan kesehatan yang terkoordinasi dan terintegrasi.

Pilihan Dokter dan Fasilitas Kesehatan

Salah satu perbedaan paling mencolok antara asuransi kesehatan konvensional dan managed care adalah dalam hal pilihan dokter dan fasilitas kesehatan. Dalam asuransi kesehatan konvensional, peserta bebas memilih dokter dan fasilitas kesehatan yang diinginkan tanpa harus mempertimbangkan jaringan provider yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Sementara itu, dalam managed care, peserta harus memilih dokter dan fasilitas kesehatan yang terdaftar dalam jaringan provider perusahaan asuransi, jika tidak mungkin harus membayar biaya yang lebih tinggi.

Pos Terkait:  Mengapa Menulis Surat Pribadi Harus Menyertakan...

Biaya

Biaya juga menjadi salah satu perbedaan antara asuransi kesehatan konvensional dan managed care. Dalam asuransi kesehatan konvensional, peserta membayar premi bulanan dan harus membayar biaya tambahan seperti co-payment dan deductible ketika memperoleh layanan kesehatan. Sementara itu, dalam managed care, peserta juga membayar premi bulanan namun biasanya biaya tambahan seperti co-payment dan deductible lebih rendah.

Pengawasan Penggunaan Layanan Kesehatan

Managed care memiliki sistem pengawasan penggunaan layanan kesehatan yang ketat. Peserta harus memperoleh rujukan dari dokter keluarga atau dokter terdaftar dalam jaringan provider perusahaan asuransi untuk mendapatkan layanan kesehatan yang lebih spesifik seperti spesialis dan rawat inap. Sedangkan dalam asuransi kesehatan konvensional, peserta tidak perlu mendapatkan rujukan dan bebas memilih dokter dan fasilitas kesehatan yang diinginkan.

Keuntungan dan Kekurangan

Terdapat keuntungan dan kekurangan pada masing-masing jenis asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan konvensional memberikan kebebasan dalam memilih dokter dan fasilitas kesehatan namun biaya tambahan seperti co-payment dan deductible cenderung lebih tinggi. Sementara itu, managed care memberikan biaya tambahan yang lebih rendah namun membatasi pilihan dokter dan fasilitas kesehatan serta memiliki sistem pengawasan penggunaan layanan kesehatan yang ketat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perbedaan antara asuransi kesehatan konvensional dan managed care terletak pada pilihan dokter dan fasilitas kesehatan, biaya, dan pengawasan penggunaan layanan kesehatan. Setiap jenis asuransi kesehatan memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting bagi setiap individu untuk mempertimbangkan kebutuhan kesehatannya sendiri sebelum memilih jenis asuransi kesehatan yang tepat.

Pos Terkait:  Jelaskan Keunggulan Internet Dibanding Intranet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close