Caramantap

Fungsi Salam Pembuka dan Salam Penutup Surat Lamaran Kerja

×

Fungsi Salam Pembuka dan Salam Penutup Surat Lamaran Kerja

Share this article

Surat lamaran kerja merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan. Selain menunjukkan keinginan untuk bergabung dengan perusahaan, surat lamaran kerja juga menjadi representasi diri si pelamar dalam menunjukkan kemampuan dan kualitas yang dimiliki. Namun, terdapat dua hal penting yang sering kali diabaikan dalam penulisan surat lamaran kerja, yaitu salam pembuka dan salam penutup.

Fungsi Salam Pembuka

Salam pembuka pada surat lamaran kerja sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Salam pembuka ini digunakan untuk memberikan kesan pertama yang baik pada pihak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja. Salam pembuka yang baik dapat membuat si pelamar terlihat sopan dan profesional. Beberapa contoh salam pembuka yang dapat digunakan antara lain:

  • Assalamu’alaikum Wr. Wb.
  • Selamat pagi/siang/sore/malam
  • Hormat saya

Dalam penggunaannya, pastikan untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jangan gunakan salam pembuka yang kurang sopan seperti “Hay” atau “Hai”. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesan pertama yang diberikan pada pihak perusahaan.

Fungsi Salam Penutup

Salam penutup pada surat lamaran kerja juga memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan salam pembuka. Salam penutup digunakan untuk memberikan kesan terakhir yang baik pada pihak perusahaan. Salam penutup yang baik dapat membuat si pelamar terlihat lebih profesional dan sopan. Beberapa contoh salam penutup yang dapat digunakan antara lain:

Pos Terkait:  Foto Jadul Mieke Wijaya Menarik Perhatian Netizen

Dalam penggunaannya, pastikan untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jangan gunakan salam penutup yang kurang sopan seperti “Sampai jumpa” atau “Bye”. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesan terakhir yang diberikan pada pihak perusahaan.

Contoh Penggunaan Salam Pembuka dan Salam Penutup pada Surat Lamaran Kerja

Contoh penggunaan salam pembuka dan salam penutup pada surat lamaran kerja yang baik dan benar antara lain:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : John Doe

Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 1 Januari 1990

Alamat : Jl. Raya No. 123, Jakarta

No. Telepon : 08123456789

Email : [email protected]

Bersama ini, saya mengajukan permohonan untuk menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya memiliki kemampuan dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai diri saya:

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya siap menjalani proses seleksi yang Bapak/Ibu berikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Pos Terkait:  Cara Cek Multitouch Android

John Doe

Kesimpulan

Penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar harus memperhatikan penggunaan salam pembuka dan salam penutup. Salam pembuka dan salam penutup pada surat lamaran kerja memiliki fungsi yang sangat penting dalam memberikan kesan pertama dan kesan terakhir pada pihak perusahaan. Pastikan untuk menggunakan salam pembuka dan salam penutup yang sopan dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close