Caramantap

Cara Membuat Kolom di Word, Mudah dan Rapi

×

Cara Membuat Kolom di Word, Mudah dan Rapi

Share this article

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer di dunia, dengan jutaan orang menggunakannya setiap hari untuk menulis dokumen, memo, surat, dan banyak lagi. Salah satu fitur yang sangat berguna di Word adalah kemampuan untuk membuat kolom, yang memungkinkan Anda untuk membagi teks Anda menjadi dua atau lebih kolom yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat kolom di Word dengan mudah dan rapi.

Langkah 1: Buka Dokumen Word Anda

Langkah pertama untuk membuat kolom di Word adalah membuka dokumen yang ingin Anda edit. Anda dapat membuka dokumen yang ada atau membuat dokumen baru dengan mengklik tombol “File” di bagian kiri atas layar dan memilih “New. Setelah Anda membuka dokumen, pastikan bahwa kursor berada di tempat yang tepat untuk membuat kolom. Jika Anda ingin membuat kolom pada seluruh dokumen, Anda tidak perlu memilih teks apa pun, tetapi jika Anda ingin membuat kolom pada bagian tertentu dari dokumen, pilih teks tersebut terlebih dahulu.

Langkah 2: Pilih Layout

Setelah Anda memastikan bahwa kursor berada di tempat yang tepat, langkah berikutnya adalah memilih bagian “Layout” di menu bar di bagian atas layar. Ketika Anda mengklik “Layout”, akan muncul beberapa opsi, termasuk “Columns”. Klik opsi ini untuk membuka submenu yang berisi beberapa opsi kolom yang berbeda.

Langkah 3: Pilih Jumlah Kolom yang Anda Inginkan

Setelah Anda membuka submenu kolom, pilih jumlah kolom yang Anda inginkan. Ada beberapa opsi yang tersedia, termasuk dua kolom, tiga kolom, atau lebih. Pilih opsi yang paling sesuai untuk dokumen Anda. Setelah Anda memilih jumlah kolom yang Anda inginkan, Word akan secara otomatis menambahkan kolom baru ke dokumen Anda. Anda dapat melihat kolom baru dengan menggeser kursor ke bawah teks. Kolom baru akan dimulai di bawah teks terakhir.

Pos Terkait:  Jelaskan Dua Jenis

Langkah 4: Sesuaikan Lebar Kolom Anda

Jika Anda ingin menyesuaikan lebar kolom Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk mengubah lebar kolom, arahkan kursor ke garis yang memisahkan kolom dan seret garis tersebut ke kiri atau kanan untuk menyesuaikan lebar kolom. Anda dapat menyesuaikan lebar kolom untuk semua kolom pada dokumen atau hanya untuk kolom tertentu.

Langkah 5: Masukkan Konten ke dalam Kolom

Setelah Anda membuat kolom dan menyesuaikan lebar kolom Anda, langkah berikutnya adalah memasukkan konten ke dalam kolom. Anda dapat mengetik langsung di dalam kolom atau menyalin dan menempelkan konten dari dokumen lain. Jika Anda ingin menambahkan gambar atau grafik ke dalam kolom, cukup seret gambar atau grafik ke dalam kolom dan atur ukurannya sesuai keinginan Anda.

Langkah 6: Menyisipkan Kolom pada Dokumen yang Ada

Jika Anda ingin menambahkan kolom pada dokumen yang sudah ada, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menyisipkan kolom, pilih teks yang ingin Anda bagi menjadi kolom, kemudian ikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas untuk menambahkan kolom baru ke dokumen Anda.

Langkah 7: Menghapus Kolom pada Dokumen

Jika Anda ingin menghapus kolom pada dokumen Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menghapus kolom, arahkan kursor ke garis yang memisahkan kolom yang ingin Anda hapus, lalu klik kanan dan pilih “Delete Column. Kolom tersebut akan dihapus dari dokumen Anda.

Langkah 8: Mengatur Margin Kolom

Jika Anda ingin mengatur margin kolom, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk mengatur margin kolom, pilih “Page Layout” di menu bar di atas layar, lalu pilih “Margins. Anda dapat memilih margin yang ada atau membuat margin khusus sesuai keinginan Anda. Setelah Anda mengatur margin, kolom Anda akan disesuaikan dengan margin yang baru.

Langkah 9: Menyisipkan Halaman dalam Kolom

Jika Anda ingin menyisipkan halaman dalam kolom, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menyisipkan halaman, arahkan kursor ke dalam kolom di mana Anda ingin menyisipkan halaman, lalu pilih “Insert” di menu bar di atas layar dan pilih “Page Break. Halaman baru akan disisipkan di dalam kolom.

Langkah 10: Menambahkan Garis Pemisah Kolom

Jika Anda ingin menambahkan garis pemisah di antara kolom Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menambahkan garis pemisah, pilih “Page Layout” di menu bar di atas layar, lalu pilih “Columns. Di bawah opsi “Columns”, pilih “More Columns”. Di jendela yang muncul, pilih “Line Between” untuk menambahkan garis pemisah. Setelah Anda menambahkan garis pemisah, kolom Anda akan dipisahkan dengan garis yang rapi.

Langkah 11: Menambahkan Heading atau Judul Kolom

Jika Anda ingin menambahkan heading atau judul untuk kolom Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menambahkan heading atau judul, pastikan kursor berada di dalam kolom yang ingin Anda tambahkan heading atau judul, lalu ketik judul atau heading yang Anda inginkan. Anda juga dapat menyesuaikan format heading atau judul dengan memilih teks dan mengubah font, ukuran, dan warna.

Pos Terkait:  Jelaskan Perbedaan Antara Kebiasaan dengan Tata Kelakuan 2

Langkah 12: Mengubah Jumlah Kolom di Dokumen yang Ada

Jika Anda ingin mengubah jumlah kolom di dokumen yang sudah ada, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk mengubah jumlah kolom, pilih teks yang ingin Anda bagi menjadi kolom, lalu pilih “Page Layout” di menu bar di atas layar. Di bawah opsi “Columns”, pilih jumlah kolom yang baru yang ingin Anda gunakan. Kolom baru akan disisipkan di dokumen Anda dan teks akan dibagi menjadi jumlah kolom yang baru.

Langkah 13: Menambahkan Kolom ke Daftar Nomor atau Daftar Bullet

Jika Anda ingin menambahkan kolom ke daftar nomor atau daftar bullet, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menambahkan kolom ke daftar nomor atau daftar bullet, pilih teks yang ingin Anda bagi menjadi kolom, lalu pilih “Page Layout” di menu bar di atas layar. Di bawah opsi “Columns”, pilih jumlah kolom yang baru yang ingin Anda gunakan, lalu pilih “More Columns. Di jendela yang muncul, pilih “Apply to: Whole document” untuk menerapkan kolom ke seluruh dokumen atau “Apply to: This point forward” untuk menerapkan kolom ke bagian dokumen yang dipilih saja.

Langkah 14: Menambahkan Kolom ke Tabel

Jika Anda ingin menambahkan kolom ke tabel, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menambahkan kolom ke tabel, arahkan kursor ke posisi di mana Anda ingin menambahkan kolom baru, lalu pilih “Table” di menu bar di atas layar dan pilih “Insert. Di bawah opsi “Insert”, pilih “Columns to the Left” atau “Columns to the Right” untuk menambahkan kolom baru ke tabel Anda.

Langkah 15: Menyisipkan Kolom pada Tabel

Jika Anda ingin menyisipkan kolom pada tabel, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menyisipkan kolom pada tabel, pilih kolom di mana Anda ingin menyisipkan kolom baru, lalu pilih “Table” di menu bar di atas layar dan pilih “Insert”. Di bawah opsi “Insert”, pilih “Columns to the Left” atau “Columns to the Right” untuk menyisipkan kolom baru pada tabel Anda.

Langkah 16: Menghapus Kolom pada Tabel

Jika Anda ingin menghapus kolom pada tabel, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menghapus kolom pada tabel, pilih kolom yang ingin Anda hapus, lalu pilih “Table” di menu bar di atas layar dan pilih “Delete. Di bawah opsi “Delete”, pilih “Columns” untuk menghapus kolom yang dipilih dari tabel Anda.

Langkah 17: Menambahkan Kolom pada Daftar Isi

Jika Anda ingin menambahkan kolom pada daftar isi, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menambahkan kolom pada daftar isi, pilih daftar isi di mana Anda ingin menambahkan kolom, lalu pilih “Page Layout” di menu bar di atas layar. Di bawah opsi “Columns”, pilih jumlah kolom yang baru yang ingin Anda gunakan, lalu pilih “More Columns”. Di jendela yang muncul, pilih “Apply to: Whole document” untuk menerapkan kolom ke seluruh dokumen atau “Apply to: This point forward” untuk menerapkan kolom ke bagian dokumen yang dipilih saja.

Pos Terkait:  Cicak Berukuran Jumbo Ditemukan, Netizen: Dia Makan

Langkah 18: Menyisipkan Kolom pada Header atau Footer

Jika Anda ingin menyisipkan kolom pada header atau footer, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menyisipkan kolom pada header atau footer, pilih header atau footer di mana Anda ingin menyisipkan kolom, lalu pilih “Page Layout” di menu bar di atas layar. Di bawah opsi “Columns”, pilih jumlah kolom yang baru yang ingin Anda gunakan, lalu pilih “More Columns”. Di jendela yang muncul, pilih “Apply to: Whole document” untuk menerapkan kolom ke seluruh dokumen atau “Apply to: This point forward” untuk menerapkan kolom ke bagian dokumen yang dipilih saja.

Langkah 19: Menambahkan Kolom pada Dalam Kotak Teks

Jika Anda ingin menambahkan kolom pada dalam kotak teks, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menambahkan kolom pada dalam kotak teks, pilih kotak teks di mana Anda ingin menambahkan kolom, lalu pilih “Page Layout” di menu bar di atas layar. Di bawah opsi “Columns”, pilih jumlah kolom yang baru yang ingin Anda gunakan, lalu pilih “More Columns”. Di jendela yang muncul, pilih “Apply to: Whole document” untuk menerapkan kolom ke seluruh dokumen atau “Apply to: This point forward” untuk menerapkan kolom ke bagian dokumen yang dipilih saja.

Langkah 20: Menyesuaikan Tinggi Kolom

Jika Anda ingin menyesuaikan tinggi kolom Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menyesuaikan tinggi kolom, arahkan kursor ke dalam kolom yang ingin Anda ubah, lalu seret garis bawah kolom ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan tinggi kolom. Anda dapat menyesuaikan tinggi kolom untuk semua kolom pada dokumen atau hanya untuk kolom tertentu.

Langkah 21: Menambahkan Kolom pada Tabel dengan Teks Vertikal

Jika Anda ingin menambahkan kolom pada tabel dengan teks vertikal, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Word. Untuk menambahkan kolom pada tabel dengan teks vertikal, arahkan kursor ke dalam kolom di mana Anda ingin menambahkan kolom baru, lalu pilih “Table” di menu bar di atas layar dan pilih “Insert. Di bawah opsi “Insert”, pilih “Columns to the Left” atau “Columns to the Right” untuk menambahkan kolom baru ke tabel Anda. Setelah kolom baru ditambahkan, pilih teks dalam kolom baru dan pilih “Text Direction” di menu bar di atas layar untuk mengatur arah teks vertikal.

Langkah 22: Menambahkan Kolom pada Tabel

close