Caramantap

Biar Memori Nggak Jebol, Begini 4 Cara Menghapus File dari Android

×

Biar Memori Nggak Jebol, Begini 4 Cara Menghapus File dari Android

Share this article

Punya smartphone dengan memori internal yang terbatas pasti menjadi masalah tersendiri. Kamu harus menghapus file-file yang sudah tidak terpakai lagi untuk membuat ruang penyimpanan yang cukup. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menghapus file dari Android dengan benar.

1. Hapus File yang Sudah Tidak Dibutuhkan

Cara yang paling mudah untuk menghapus file dari Android adalah dengan menghapus file yang sudah tidak dibutuhkan. Buka aplikasi File Manager, pilih folder yang ingin kamu hapus, dan hapus file-file yang sudah tidak diperlukan. Pastikan tidak ada file penting yang ikut terhapus.

Untuk memastikan bahwa kamu tidak menghapus file penting, sebaiknya kamu membuat backup file terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan aplikasi backup seperti Google Drive atau Dropbox untuk melakukan backup file.

2. Hapus File Cache

File cache adalah file sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading. Sayangnya, file cache juga bisa mengambil ruang penyimpanan yang cukup besar. Untuk menghapus file cache, kamu bisa masuk ke pengaturan, pilih aplikasi, dan hapus cache dari aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.

Pos Terkait:  Cara untuk Menghubungi Facebook

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Salah satu penyebab memori Android cepat penuh adalah karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang. Untuk menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, kamu bisa masuk ke pengaturan, pilih aplikasi, dan hapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.

Jika kamu ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Titanium Backup untuk menghapus aplikasi tersebut.

4. Gunakan Aplikasi Cleaner

Jika kamu merasa kesulitan untuk menghapus file dari Android secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner. Aplikasi cleaner akan membersihkan file-file yang sudah tidak diperlukan, menghapus file cache, dan mempercepat kinerja smartphone kamu.

Namun, sebelum menggunakan aplikasi cleaner, pastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan terpercaya. Beberapa aplikasi cleaner malah bisa membahayakan smartphone kamu.

Kesimpulan

Menghapus file dari Android memang sangat penting untuk menjaga agar memori smartphone tidak cepat penuh. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus file dari Android, seperti menghapus file yang sudah tidak diperlukan, menghapus file cache, menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, dan menggunakan aplikasi cleaner.

Sebelum menghapus file dari Android, pastikan bahwa kamu sudah membuat backup file terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data penting. Jangan lupa juga untuk memilih aplikasi cleaner yang aman dan terpercaya agar tidak membahayakan smartphone kamu.

Pos Terkait:  Cara Membuat Gambar AutoCAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close