Caramantap

Apakah yang Dimaksud dengan Hadis Mutawatir?

×

Apakah yang Dimaksud dengan Hadis Mutawatir?

Share this article

Hadis mutawatir adalah hadis yang diriwayatkan oleh sejumlah besar perawi dengan urutan sanad yang sama. Hadis mutawatir ini memiliki kekuatan yang sangat kuat dalam menentukan hukum Islam karena diyakini sebagai sumber yang sahih dan dapat dipercaya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih detail tentang pengertian hadis mutawatir.

Pengertian Hadis Mutawatir

Hadis mutawatir adalah hadis yang diriwayatkan oleh sejumlah besar perawi dengan urutan sanad yang sama. Hadis mutawatir ini diyakini sebagai sumber yang sahih dan dapat dipercaya karena diriwayatkan oleh banyak perawi dengan urutan sanad yang sama. Dalam Islam, hadis mutawatir memiliki kekuatan yang sangat kuat dalam menentukan hukum Islam.

Syarat Hadis Mutawatir

Untuk mengetahui apakah suatu hadis dapat dikategorikan sebagai hadis mutawatir, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Antara lain:

  1. Diriwayatkan oleh sejumlah besar perawi dengan urutan sanad yang sama
  2. Tidak ada perbedaan dalam lafazh maupun makna hadis
  3. Diriwayatkan oleh perawi yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi tinggi

Jika suatu hadis memenuhi ketiga syarat di atas, maka hadis tersebut dapat dikategorikan sebagai hadis mutawatir.

Pos Terkait:  Cara Mudah Membuat Banana Split yang Lezat dan Menggoda

Keutamaan Hadis Mutawatir

Dalam Islam, hadis mutawatir memiliki keutamaan yang sangat besar. Hal ini dikarenakan hadis mutawatir diyakini sebagai sumber hukum Islam yang sahih dan dapat dipercaya. Dalam pengambilan keputusan atau penentuan hukum Islam, hadis mutawatir memiliki kekuatan yang sangat kuat.

Contoh Hadis Mutawatir

Salah satu contoh hadis mutawatir adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim tentang wudhu. Hadis tersebut menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya agama ini adalah agama yang mudah, dan tidak ada yang mempersulitnya kecuali orang yang menginginkan untuk keluar darinya. Maka, apabila salah seorang dari kalian berwudhu, hendaklah ia menyempurnakannya.

Kesimpulan

Hadis mutawatir adalah hadis yang diriwayatkan oleh sejumlah besar perawi dengan urutan sanad yang sama. Hadis mutawatir ini memiliki kekuatan yang sangat kuat dalam menentukan hukum Islam karena diyakini sebagai sumber yang sahih dan dapat dipercaya. Untuk dapat dikategorikan sebagai hadis mutawatir, suatu hadis harus memenuhi beberapa syarat, seperti diriwayatkan oleh sejumlah besar perawi dengan urutan sanad yang sama, tidak ada perbedaan dalam lafazh maupun makna hadis, dan diriwayatkan oleh perawi yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi tinggi. Dalam Islam, hadis mutawatir memiliki keutamaan yang sangat besar dalam pengambilan keputusan atau penentuan hukum Islam.

Pos Terkait:  4 Laptop Murah untuk Mahasiswa, Aman untuk Microsoft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close