Caramantap

Perbedaan Waktu Indonesia dan Hawaii: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

×

Perbedaan Waktu Indonesia dan Hawaii: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Share this article

Indonesia dan Hawaii memiliki perbedaan waktu yang cukup jauh. Indonesia terletak di Asia Tenggara sementara Hawaii berada di tengah-tengah Samudra Pasifik. Meskipun keduanya terletak di belahan bumi yang sama, perbedaan waktu antara Indonesia dan Hawaii cukup signifikan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang perbedaan waktu Indonesia dan Hawaii.

Waktu Indonesia

Waktu Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu: Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). WIB adalah zona waktu yang digunakan oleh provinsi-provinsi di pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. WIB setara dengan GMT+7.

WITA adalah zona waktu yang digunakan oleh provinsi-provinsi di Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. WITA setara dengan GMT+8.

WIT adalah zona waktu yang digunakan oleh provinsi-provinsi di Maluku dan Papua. WIT setara dengan GMT+9.

Waktu Hawaii

Waktu Hawaii hanya memiliki satu zona waktu, yaitu Waktu Standar Hawaii-Aleutian (HST). HST setara dengan GMT-10. Waktu ini digunakan oleh seluruh pulau di Hawaii dan juga oleh Kepulauan Aleutian di Alaska.

Pos Terkait:  Bantai Blacklist, ECHO Jadi Juara M4 World Championship

Perbedaan Waktu Indonesia dan Hawaii

Perbedaan waktu Indonesia dan Hawaii adalah sekitar 17 jam. Ketika jam 12 siang di Indonesia, maka di Hawaii masih jam 7 malam hari sebelumnya. Ini dikarenakan Hawaii berada di sisi barat garis waktu internasional sedangkan Indonesia berada di sisi timur garis waktu internasional.

Perbedaan waktu ini dapat berpengaruh pada komunikasi dan bisnis antara Indonesia dan Hawaii. Jika kamu ingin mengirimkan email atau melakukan panggilan telepon ke Hawaii, kamu harus memperhatikan perbedaan waktu ini untuk menghindari kebingungan.

Menyesuaikan Waktu saat Bepergian ke Hawaii

Jika kamu berencana untuk bepergian ke Hawaii, pastikan kamu menyesuaikan waktu kamu dengan waktu setempat di Hawaii. Saat bepergian ke arah barat, kamu harus mengatur jam kamu ke belakang. Jika kamu bepergian dari Indonesia ke Hawaii, kamu harus mengatur jam kamu sekitar 17 jam ke belakang.

Sedangkan, jika kamu bepergian dari Hawaii ke Indonesia, kamu harus mengatur jam kamu sekitar 17 jam ke depan. Ini berarti jika kamu tiba di Indonesia pada pukul 12 siang, maka di Hawaii masih jam 7 malam hari sebelumnya.

Kesimpulan

Perbedaan waktu Indonesia dan Hawaii cukup signifikan, yaitu sekitar 17 jam. Waktu Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu, sementara Hawaii hanya memiliki satu zona waktu. Jika kamu berencana untuk bepergian ke Hawaii, pastikan kamu menyesuaikan waktu kamu dengan waktu setempat di Hawaii. Perbedaan waktu ini dapat berpengaruh pada komunikasi dan bisnis antara Indonesia dan Hawaii, jadi pastikan kamu memperhatikannya dengan seksama.

Pos Terkait:  7 Smartphone Samsung Triple Kamera dengan Harga Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close