Caramantap

Perbedaan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Indonesia

×

Perbedaan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Indonesia

Share this article

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh pelamar ketika hendak melamar pekerjaan. Setiap perusahaan memiliki aturan dan persyaratan yang berbeda-beda dalam membuat surat lamaran kerja. Ada dua bahasa yang umum digunakan dalam membuat surat lamaran kerja, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Namun, perbedaan surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia tidak hanya terletak pada bahasa yang digunakan, melainkan juga pada format dan gaya penulisannya. Berikut adalah perbedaan surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia:

1. Format

Format surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Format surat lamaran kerja bahasa Inggris umumnya lebih formal dan rapi, dengan susunan yang terstruktur dan jelas. Sedangkan format surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung lebih fleksibel dan sederhana.

2. Gaya Penulisan

Gaya penulisan surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia juga berbeda. Surat lamaran kerja bahasa Inggris cenderung menggunakan gaya penulisan yang lebih formal dan serius, dengan menggunakan kalimat-kalimat panjang dan kompleks. Sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung lebih santai, dengan menggunakan kalimat-kalimat yang lebih pendek dan mudah dipahami.

Pos Terkait:  Bikin Singkatan Sendiri, Penjual Ini Namai Kuenya

3. Kata-kata yang Digunakan

Kata-kata yang digunakan dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia juga berbeda. Surat lamaran kerja bahasa Inggris cenderung menggunakan kata-kata yang lebih formal dan kaku, seperti “I am writing to express my interest in the position of…”, “I have extensive experience in…”, dan sebagainya. Sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung lebih santai, dengan menggunakan kata-kata yang lebih akrab dan mudah dipahami, seperti “Saya tertarik dengan posisi yang ditawarkan…”, “Saya memiliki pengalaman yang cukup dalam…”, dan sebagainya.

4. Ukuran Surat

Ukuran surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia juga berbeda. Surat lamaran kerja bahasa Inggris umumnya lebih pendek dan padat, dengan jumlah kata yang lebih sedikit. Sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung lebih panjang dan detail, dengan jumlah kata yang lebih banyak.

5. Struktur Surat

Struktur surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia juga berbeda. Surat lamaran kerja bahasa Inggris umumnya memiliki struktur yang lebih terstruktur dan jelas, dengan susunan yang rapi dan sistematis. Sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung lebih fleksibel dan tidak terlalu ketat dalam strukturnya.

Pos Terkait:  Perbedaan Mesin Las AC dan DC

6. Tujuan Surat

Tujuan surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia juga berbeda. Surat lamaran kerja bahasa Inggris umumnya ditujukan untuk perusahaan multinasional atau perusahaan asing, sehingga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung ditujukan untuk perusahaan lokal atau nasional, sehingga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama.

7. Penggunaan Bahasa Asing

Penggunaan bahasa asing dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia juga berbeda. Surat lamaran kerja bahasa Inggris cenderung menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, namun juga dapat menggunakan bahasa asing lainnya jika dibutuhkan. Sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama, namun juga dapat menggunakan bahasa asing jika dibutuhkan.

8. Penggunaan Tanda Baca

Penggunaan tanda baca dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia juga berbeda. Surat lamaran kerja bahasa Inggris cenderung menggunakan tanda baca yang lebih banyak dan kompleks, seperti koma, titik dua, dan tanda kurung. Sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia cenderung menggunakan tanda baca yang lebih sederhana, seperti titik, koma, dan tanda petik.

9. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia tidak hanya terletak pada bahasa yang digunakan, melainkan juga pada format dan gaya penulisannya. Setiap perusahaan memiliki aturan dan persyaratan yang berbeda-beda dalam membuat surat lamaran kerja, sehingga penting bagi pelamar untuk memperhatikan perbedaan tersebut dan menyesuaikan surat lamaran kerjanya sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang dituju.

Pos Terkait:  12 Rekomendasi Anime Baru di Bilibili Bstation, Pengusir Bosan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close