Caramantap

Perbedaan Finish dan Finished 2

×

Perbedaan Finish dan Finished 2

Share this article

Banyak sekali kata-kata bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah finish dan finished. Meskipun terlihat sama, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan antara finish dan finished? Berikut adalah penjelasannya:

Pengertian Finish dan Finished

Sebelum membahas perbedaan antara keduanya, maka perlu diketahui terlebih dahulu pengertian dari finish dan finished.

Finish adalah kata kerja dalam bahasa Inggris yang memiliki arti menyelesaikan, menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas, atau menyelesaikan suatu kegiatan. Sedangkan finished adalah kata sifat (adjective) yang berarti sudah selesai atau sudah terakhir.

Perbedaan Arti

Perbedaan yang pertama antara finish dan finished adalah pada arti keduanya. Finish lebih mengacu pada tindakan menyelesaikan sesuatu, sedangkan finished lebih mengacu pada status yang sudah selesai. Misalnya, “I finished the report” artinya saya menyelesaikan laporan tersebut, sedangkan “I am finished with the report” artinya saya sudah selesai dengan laporan tersebut.

Perbedaan Fungsi

Selain dari perbedaan arti, finish dan finished juga memiliki perbedaan dalam fungsi penggunaannya. Finish umumnya digunakan sebagai kata kerja (verb), sedangkan finished digunakan sebagai kata sifat (adjective). Contoh penggunaan kata finish adalah “I need to finish my homework tonight”, sedangkan contoh penggunaan kata finished adalah “The project is finished.

Pos Terkait:  Cara Melihat Siapa yang Unfollow IG

Perbedaan Tenses

Perbedaan antara finish dan finished juga terdapat pada tenses (waktu) penggunaannya. Finish digunakan untuk menyatakan tindakan yang sedang berlangsung atau akan datang (present or future tense), sedangkan finished digunakan untuk menyatakan tindakan yang sudah selesai (past tense). Contoh penggunaan finish dalam present tense adalah “I am finishing my work now”, sedangkan contoh penggunaan finished dalam past tense adalah “I finished my work yesterday.

Perbedaan Penggunaan dalam Kalimat

Terakhir, perbedaan antara finish dan finished juga terdapat pada penggunaannya dalam kalimat. Finish digunakan sebagai kata kerja utama dalam kalimat, sedangkan finished digunakan sebagai kata sifat untuk menjelaskan objek dalam kalimat. Contoh penggunaan kata finish sebagai kata kerja utama dalam kalimat adalah “I will finish the project tomorrow”, sedangkan contoh penggunaan kata finished sebagai kata sifat dalam kalimat adalah “I have a finished project.

Kesimpulan

Secara umum, finish dan finished memiliki perbedaan dalam arti, fungsi, tenses, dan penggunaannya dalam kalimat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya agar tidak salah dalam penggunaan dan pemahaman dalam berbahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close