Caramantap

Perbedaan Air Radiator Honda Type 1 dan Tipe 2

×

Perbedaan Air Radiator Honda Type 1 dan Tipe 2

Share this article

Jika Anda merupakan seorang pemilik kendaraan Honda, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah air radiator. Air radiator sendiri merupakan cairan yang berfungsi untuk mendinginkan mesin kendaraan agar tidak overheat. Namun, tahukah Anda bahwa ada perbedaan antara air radiator Honda Type 1 dan Tipe 2? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Air Radiator Honda Type 1?

Sebelum membahas perbedaan antara kedua tipe air radiator Honda, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu air radiator Honda Type 1. Air radiator Honda Type 1 adalah jenis air radiator yang digunakan pada kendaraan Honda dengan mesin berpendingin cairan. Jenis air radiator ini memiliki warna biru dan biasanya digunakan pada kendaraan Honda dengan tahun produksi sebelum 2016.

Apa itu Air Radiator Honda Tipe 2?

Sedangkan untuk air radiator Honda Tipe 2, merupakan jenis air radiator yang digunakan pada kendaraan Honda dengan mesin berpendingin cairan juga. Namun, air radiator tipe 2 memiliki warna merah muda dan digunakan pada kendaraan Honda dengan tahun produksi setelah 2016.

Pos Terkait:  Naruto: 13 Kematian Tokoh yang Paling Penting, Ada yang Menyayangkan

Perbedaan Air Radiator Honda Type 1 dan Tipe 2

Setelah mengetahui apa itu air radiator Honda Type 1 dan Tipe 2, kini saatnya membahas perbedaan antara kedua tipe tersebut. Perbedaan utama antara air radiator Honda Type 1 dan Tipe 2 terletak pada komposisi cairannya. Air radiator Honda Type 1 menggunakan ethylene glycol sebagai bahan utama, sedangkan air radiator Honda Tipe 2 menggunakan propylene glycol sebagai bahan utama.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada sifat kedua cairan tersebut. Ethylene glycol lebih bersifat korosif dan lebih beracun jika tertelan, sedangkan propylene glycol lebih bersifat ramah lingkungan dan aman jika tertelan dalam jumlah yang kecil. Oleh karena itu, air radiator Honda Tipe 2 lebih disukai oleh para pengguna kendaraan Honda yang lebih peduli terhadap lingkungan.

Kelebihan Air Radiator Honda Tipe 2

Tidak hanya lebih ramah lingkungan, air radiator Honda Tipe 2 juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan air radiator Honda Tipe 2:

Cara Memilih Air Radiator yang Tepat

Terkait dengan pemilihan air radiator yang tepat untuk kendaraan Honda Anda, sebaiknya memilih sesuai dengan jenis mesin kendaraan. Jika mesin kendaraan menggunakan air radiator Honda Type 1, maka sebaiknya memilih air radiator tipe 1 juga. Begitu juga sebaliknya.

Pos Terkait:  Perbedaan Asus ROG GL553VD dan GL503VD

Selain itu, pastikan juga memilih air radiator yang berkualitas dan sesuai dengan standar spesifikasi kendaraan Honda. Hal ini bertujuan agar performa mesin kendaraan tetap optimal dan terhindar dari kerusakan akibat penggunaan air radiator yang tidak sesuai.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara air radiator Honda Type 1 dan Tipe 2 terletak pada komposisi cairannya. Air radiator Honda Type 1 menggunakan ethylene glycol sebagai bahan utama, sedangkan air radiator Honda Tipe 2 menggunakan propylene glycol sebagai bahan utama. Selain itu, air radiator Honda Tipe 2 juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan tipe 1, seperti lebih ramah lingkungan, tahan lama, stabil pada suhu tinggi, lebih efektif mendinginkan mesin kendaraan, dan lebih hemat bahan bakar. Oleh karena itu, sebaiknya memilih air radiator yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan dan memilih yang berkualitas agar performa mesin kendaraan tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close