Cara untuk Menghapus Noda Lama pada Papan Tulis

Posted on

Papan tulis adalah salah satu alat yang sering digunakan dalam dunia pendidikan, baik itu di sekolah maupun di universitas. Namun, seringkali kita menemukan noda-noda yang sulit dihapus pada papan tulis tersebut. Nah, dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk menghapus noda lama pada papan tulis. Yuk, simak!

1. Gunakan Penghapus Khusus

Penghapus khusus papan tulis memang dirancang khusus untuk menghapus noda pada papan tulis. Penghapus ini tersedia di toko-toko alat tulis atau di toko online. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan penghapus pada noda yang ingin dihapus. Namun, penghapus khusus ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan penghapus biasa.

2. Gunakan Tissue Basah

Salah satu cara termudah untuk menghapus noda pada papan tulis adalah dengan menggunakan tissue basah. Cukup basahi tissue dengan air, lalu gosokkan pada noda yang ingin dihapus. Pastikan tissue cukup basah, namun jangan terlalu basah karena bisa merusak permukaan papan tulis.

3. Gunakan Kapur Tulis

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis adalah dengan menggunakan kapur tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan kapur tulis pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering. Namun, cara ini tidak terlalu efektif untuk menghapus noda yang sangat sulit.

4. Gunakan Alkohol

Alkohol juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan alkohol pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering. Namun, penggunaan alkohol terlalu sering bisa merusak permukaan papan tulis.

Pos Terkait:  Cara untuk Meretas Gmail

5. Gunakan Penghapus Whiteboard

Penghapus whiteboard atau papan tulis putih juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis biasa. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan penghapus whiteboard pada noda yang ingin dihapus. Namun, penghapus whiteboard juga memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan penghapus biasa.

6. Gunakan Sabun Cair

Sabun cair juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan sabun cair dengan air. Setelah itu, basahi kain atau tissue dengan campuran sabun dan air tersebut lalu gosokkan pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering.

7. Gunakan Perasan Lemon

Perasan lemon juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan perasan lemon pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering. Namun, cara ini tidak terlalu efektif untuk menghapus noda yang sangat sulit.

8. Gunakan Air Sabun Detergen

Caranya adalah mencampurkan air dan sabun detergen secukupnya. Setelah itu, rendam spons dalam campuran tersebut dan gosokkan pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering.

9. Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering.

10. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan pasta gigi pada noda yang ingin dihapus dan gosokkan dengan kain atau tissue sampai bersih.

11. Gunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air. Setelah itu, basahi kain atau tissue dengan campuran baking soda dan air tersebut lalu gosokkan pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering.

12. Gunakan Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk menghapus noda pada papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cuka pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering. Namun, penggunaan cuka terlalu sering bisa merusak permukaan papan tulis.

Pos Terkait:  Cara Setting Joystick Call of Duty Modern Warfare 3

13. Gunakan Hair Dryer

Jika noda yang ingin dihapus terlalu sulit, maka bisa menggunakan hair dryer. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyalakan hair dryer pada suhu panas, lalu arahkan pada noda yang ingin dihapus. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering.

14. Gunakan Kapas dan Minyak Zaitun

Campurkan kapas dengan sedikit minyak zaitun, lalu gosokkan pada noda yang ingin dihapus dengan lembut. Setelah itu, bersihkan dengan kain atau tissue kering.

15. Gunakan Solvent

Solvent dapat digunakan untuk menghapus noda yang sangat sulit, seperti tinta permanen atau spidol permanen. Namun, penggunaan solvent harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa merusak permukaan papan tulis. Gunakan solvent dengan sedikit saja, lalu bersihkan dengan kain atau tissue kering.

16. Jangan Menggunakan Pembersih Berbahan Kimia Berbahaya

Jangan menggunakan pembersih berbahan kimia berbahaya seperti thinner atau bensin untuk menghapus noda pada papan tulis. Penggunaan bahan kimia berbahaya ini bisa merusak permukaan papan tulis dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

17. Bersihkan Secara Teratur

Untuk menghindari noda yang sulit dihapus, sebaiknya bersihkan papan tulis secara teratur setelah digunakan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan penghapus papan tulis pada seluruh permukaan papan tulis.

18. Gunakan Papan Tulis yang Berkualitas

Untuk menghindari noda yang sulit dihapus, sebaiknya menggunakan papan tulis yang berkualitas. Papan tulis yang berkualitas memiliki permukaan yang lebih halus dan mudah dihapus.

19. Jangan Menggunakan Benda Tumpul

Jangan menggunakan benda tumpul seperti kuku atau ujung pena untuk menghapus noda pada papan tulis. Penggunaan benda tumpul ini bisa merusak permukaan papan tulis.

20. Bersihkan dengan Lembut

Untuk menghindari kerusakan pada permukaan papan tulis, sebaiknya membersihkan dengan lembut dan tidak terlalu keras.

21. Gunakan Kain atau Tissue yang Lembut

Untuk membersihkan papan tulis, sebaiknya menggunakan kain atau tissue yang lembut agar tidak merusak permukaan papan tulis.

22. Hindari Menggunakan Air Terlalu Banyak

Jangan menggunakan air terlalu banyak saat membersihkan papan tulis. Penggunaan air yang terlalu banyak bisa merusak permukaan papan tulis.

23. Bersihkan dengan Air Sabun

Untuk membersihkan papan tulis, sebaiknya menggunakan air sabun yang dicampur dengan air. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan sabun cair dengan air, lalu basahi kain atau tissue dengan campuran tersebut lalu gosokkan pada papan tulis.

Pos Terkait:  Perbedaan P: Apa Itu dan Mengapa Penting untuk Diketahui

24. Bersihkan dengan Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membersihkan papan tulis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan air, lalu basahi kain atau tissue dengan campuran tersebut lalu gosokkan pada papan tulis.

25. Bersihkan dengan Air dan Cuka

Untuk membersihkan papan tulis, sebaiknya menggunakan campuran air dan cuka. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dan cuka, lalu basahi kain atau tissue dengan campuran tersebut lalu gosokkan pada papan tulis.

26. Bersihkan dengan Air dan Minyak Kayu Putih

Untuk membersihkan papan tulis, sebaiknya menggunakan campuran air dan minyak kayu putih. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dan minyak kayu putih, lalu basahi kain atau tissue dengan campuran tersebut lalu gosokkan pada papan tulis.

27. Bersihkan dengan Air dan Cuka Putih

Untuk membersihkan papan tulis, sebaiknya menggunakan campuran air dan cuka putih. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dan cuka putih, lalu basahi kain atau tissue dengan campuran tersebut lalu gosokkan pada papan tulis.

28. Bersihkan dengan Air dan Lemon

Untuk membersihkan papan tulis, sebaiknya menggunakan campuran air dan lemon. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dan lemon, lalu basahi kain atau tissue dengan campuran tersebut lalu gosokkan pada papan tulis.

29. Bersihkan dengan Air dan Garam

Untuk membersihkan papan tulis, sebaiknya menggunakan campuran air dan garam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dan garam, lalu basahi kain atau tissue dengan campuran tersebut lalu gosokkan pada papan tulis.

30. Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara untuk menghapus noda lama pada papan tulis. Sebaiknya, menggunakan penghapus khusus papan tulis atau penghapus whiteboard untuk menghindari noda yang sulit dihapus. Selain itu, sebaiknya membersihkan papan tulis secara teratur dan menggunakan papan tulis yang berkualitas agar tidak mudah noda. Jangan lupa untuk membersihkan dengan lembut dan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk permukaan papan tulis. Semoga bermanfaat!