CaramantapDunia KerjaKomputer dan Elektronik

Cara untuk Menangkap Layar di Windows

×

Cara untuk Menangkap Layar di Windows

Share this article

Jika Anda ingin menangkap screenshot atau gambar layar pada komputer Windows, Anda dapat menggunakan berbagai cara yang mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara menangkap layar di Windows.

1. Menggunakan Tombol Sistem

Cara termudah untuk menangkap layar di Windows adalah dengan menggunakan tombol sistem. Untuk menangkap layar penuh, cukup tekan tombol “PrtScn” atau “Print Screen” pada keyboard Anda. Jika Anda hanya ingin menangkap jendela aplikasi tertentu, gunakan tombol “Alt + PrtScn.

Setelah menekan tombol tersebut, gambar layar akan disimpan di clipboard komputer Anda. Anda dapat mengakses clipboard dengan menekan tombol “Ctrl + V” pada aplikasi seperti Microsoft Paint atau Word untuk menyimpan gambar tersebut.

2. Menggunakan Alat Bawaan Windows

Windows memiliki alat bawaan yang disebut “Snipping Tool” yang memungkinkan Anda untuk menangkap gambar layar dengan metode yang lebih presisi. Anda dapat menemukan alat ini dengan mengetik “Snipping Tool” pada menu pencarian Windows.

Setelah membuka alat tersebut, pilih jenis penangkapan layar yang Anda inginkan seperti jendela, persegi panjang, atau layar penuh. Setelah menentukan jenis penangkapan, pilih area yang ingin ditangkap dan simpan gambar tersebut.

Pos Terkait:  Jelaskan yang Dimaksud dengan Tokoh Tambahan

3. Menggunakan Tombol Khusus pada Keyboard

Beberapa keyboard memiliki tombol khusus yang dapat digunakan untuk menangkap layar. Misalnya, keyboard Logitech memiliki tombol “G1” hingga “G12” yang dapat disesuaikan untuk menangkap layar atau melakukan tugas lainnya.

Jika Anda menggunakan keyboard yang memiliki tombol khusus seperti itu, Anda dapat menyesuaikan tombol tersebut untuk menangkap layar dengan mudah.

4. Menggunakan Program Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menangkap gambar layar dengan lebih banyak opsi dan fitur, Anda dapat menggunakan program pihak ketiga seperti Snagit atau Greenshot. Program-program ini memiliki fitur tambahan seperti anotasi gambar, pengeditan, dan penyimpanan otomatis.

Anda dapat mengunduh program-program tersebut dari situs web resmi dan mengikuti panduan instalasi untuk mulai menggunakan program tersebut.

5. Menggunakan Tombol Windows + PrtScn

Metode terakhir untuk menangkap layar di Windows adalah dengan menggunakan kombinasi tombol “Windows + PrtScn”. Dengan menekan tombol ini, gambar layar akan langsung disimpan di folder gambar.

Anda dapat mengakses folder gambar dengan cara membuka “File Explorer” dan mencari folder “Pictures. Di dalam folder tersebut, Anda akan menemukan folder “Screenshots” yang berisi semua gambar layar yang telah Anda tangkap.

Pos Terkait:  Perbedaan Waktu Jakarta dan Jayapura

Kesimpulan

Menangkap layar di Windows sangat mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan tombol sistem, alat bawaan Windows, tombol khusus pada keyboard, program pihak ketiga, atau kombinasi tombol tertentu untuk menangkap gambar layar dengan mudah.

Dengan mengetahui cara menangkap layar di Windows, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close