Cara Membuka File HEIC dengan Mudah

Posted on

Apa itu File HEIC?

Sebelum membahas cara membuka file HEIC, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu file HEIC. HEIC atau High Efficiency Image Format adalah format gambar yang dikembangkan oleh Apple untuk menggantikan format JPG. HEIC memiliki kualitas gambar yang lebih baik dan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format JPG.

Bagaimana Cara Membuka File HEIC di Windows?

Untuk membuka file HEIC di Windows, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, pengguna bisa mengunduh aplikasi konversi file HEIC ke format lain seperti JPG atau PNG. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah HEIC to JPEG Converter. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan mudah digunakan.Cara lainnya adalah dengan mengunduh plugin HEIC untuk aplikasi foto di Windows. Plugin ini bisa diunduh melalui Microsoft Store dan akan membuat aplikasi foto di Windows bisa membuka file HEIC secara langsung.

Pos Terkait:  Cara Mendaftar VSCO: Panduan Lengkap untuk Pemula

Bagaimana Cara Membuka File HEIC di Mac?

Untuk membuka file HEIC di Mac, pengguna tidak perlu melakukan apa-apa karena Mac sudah dilengkapi dengan aplikasi foto yang bisa membuka file HEIC secara langsung. Selain itu, pengguna juga bisa membuka file HEIC menggunakan aplikasi lain seperti Adobe Photoshop atau Preview.

Bagaimana Cara Membuka File HEIC di Android?

Untuk membuka file HEIC di smartphone Android, pengguna bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti HEIC Viewer atau HEIC to JPEG Converter. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Bagaimana Cara Membuka File HEIC di iPhone?

Untuk membuka file HEIC di iPhone, pengguna tidak perlu melakukan apa-apa karena iPhone sudah dilengkapi dengan aplikasi foto yang bisa membuka file HEIC secara langsung. Selain itu, pengguna juga bisa mengirim file HEIC ke perangkat lain seperti Mac atau Windows untuk dibuka.

Apakah Ada Cara Lain untuk Mengubah File HEIC?

Selain menggunakan aplikasi konversi seperti yang sudah disebutkan di atas, pengguna juga bisa mengubah file HEIC ke format lain seperti JPG atau PNG menggunakan aplikasi pengedit foto seperti Adobe Photoshop atau Preview. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu membuka file HEIC di aplikasi tersebut dan menyimpannya dengan format yang diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Mengembalikan Explore Instagram

Kesimpulan

Membuka file HEIC memang membutuhkan sedikit usaha karena format ini masih relatif baru dan belum didukung oleh semua perangkat. Namun, dengan mengikuti cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, pengguna bisa dengan mudah membuka file HEIC di berbagai perangkat. Jadi, jangan khawatir jika Anda mendapatkan file gambar dengan format HEIC karena sekarang Anda sudah tahu caranya membukanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *