Caramantap

Cara untuk Membuat Petasan

×

Cara untuk Membuat Petasan

Share this article

Petasan adalah salah satu jenis kembang api yang sangat populer di Indonesia. Petasan biasanya digunakan untuk merayakan momen-momen tertentu, seperti Tahun Baru, pernikahan, dan acara-acara lainnya. Jika Anda ingin membuat petasan sendiri, berikut adalah cara untuk melakukannya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat petasan, Anda memerlukan beberapa bahan-bahan yang mudah ditemukan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • Bubuk mesiu
  • Kertas tisu
  • Paku
  • Kain tipis
  • Tali rafia
  • Plastik kresek
  • Stoples kecil
  • Pipa PVC
  • Korek api gas

Langkah-langkah Membuat Petasan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat petasan:

1. Membuat Silinder

Pertama-tama, buatlah silinder dari kertas tisu. Gulung kertas tisu menjadi silinder dengan diameter sekitar 2 cm. Pastikan silinder cukup kuat dan tidak mudah sobek.

2. Membuat Tabung Mesiu

Setelah itu, masukkan bubuk mesiu ke dalam silinder yang sudah dibuat. Pastikan bubuk mesiu terisi penuh dan rapat. Kemudian, rapatkan kedua ujung silinder dengan paku.

Pos Terkait:  Apakah Sikap Dayu Sudah Mencerminkan Sila Keempat? Jawabanmu Harus Tahu Ini

3. Menutup Tabung Mesiu

Setelah tabung mesiu terisi penuh, tutuplah dengan kain tipis. Pastikan kain tipis melilit erat ke tabung mesiu agar tidak terlepas saat petasan dinyalakan.

4. Membuat Pengikat

Untuk mengikat kain tipis yang melilit tabung mesiu, gunakan tali rafia. Pastikan tali rafia cukup kuat dan melilit erat ke kain tipis.

5. Membuat Bungkus Plastik

Setelah tabung mesiu terikat dengan kain tipis, bungkuslah dengan plastik kresek. Pastikan plastik kresek menutup rapat tabung mesiu agar tidak mudah terkena air atau kelembaban.

6. Membuat Sumbu

Untuk membuat sumbu, gunakan pipa PVC. Potong pipa PVC menjadi ukuran sekitar 15 cm. Kemudian, lubangi pipa PVC dengan diameter sekitar 2 mm. Masukkan sumbu ke dalam pipa PVC dan pastikan sumbu cukup panjang untuk membakar tabung mesiu.

7. Melilit Sumbu

Setelah sumbu dimasukkan ke dalam pipa PVC, lilitlah dengan kain tipis. Pastikan kain tipis melilit erat ke pipa PVC agar tidak mudah terlepas saat petasan dinyalakan.

8. Memasang Sumbu

Setelah sumbu dililit oleh kain tipis, masukkan pipa PVC ke dalam tabung mesiu yang sudah dibungkus plastik kresek. Pastikan sumbu berada di tengah-tengah tabung mesiu.

Pos Terkait:  Download COC Mod APK: Cara Mudah Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Clash of Clans

9. Menutup Petasan

Setelah sumbu dimasukkan ke dalam tabung mesiu, rapatkan ujung tabung mesiu dengan paku. Pastikan petasan sudah tertutup rapat dan tidak mudah terbuka.

10. Menyalakan Petasan

Untuk menyalakan petasan, gunakan korek api gas. Nyalakan sumbu dengan korek api gas dan jauhkan diri dari petasan. Pastikan petasan dinyalakan di tempat yang aman dan terbuka agar tidak menimbulkan bahaya.

Kesimpulan

Membuat petasan memang memerlukan kehati-hatian dan keahlian khusus. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat petasan sendiri dengan mudah. Pastikan selalu berhati-hati saat menyalakan petasan dan jangan lupa untuk menyalakannya di tempat yang aman dan terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close