Caramantap

Cara Screenshot Resolusi Tinggi Android

×

Cara Screenshot Resolusi Tinggi Android

Share this article

Bagi pengguna smartphone Android, fitur screenshot sudah menjadi hal yang sangat umum. Namun, terkadang hasil screenshot tidak memuaskan karena resolusinya rendah. Resolusi rendah ini sangat mengganggu apabila ingin membagikan screenshot ke media sosial atau memakainya sebagai bahan presentasi.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara screenshot resolusi tinggi pada perangkat Android. Simak pembahasannya di bawah ini!

Penggunaan Tombol Power + Volume Down

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengambil screenshot dengan resolusi tinggi adalah menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka halaman atau aplikasi yang ingin diambil screenshot-nya.
  2. Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Tunggu hingga layar berkedip dan bunyi shutter.
  4. File screenshot akan tersimpan di folder Gallery atau Photos pada perangkat Android kamu.

Dengan cara ini, kamu dapat mengambil screenshot dengan resolusi tinggi tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga.

Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara pertama tidak berhasil atau kamu ingin mencoba cara lain, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Screenshot Easy atau Super Screenshot. Aplikasi ini dapat membantu kamu mengambil screenshot dengan resolusi yang lebih tinggi dan berbagai fitur lainnya seperti pengeditan dan pembagian ke media sosial.

Pos Terkait:  Bagaimanakah Cara Pembuatan Vaksin?

Untuk menggunakannya, kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store, lalu ikuti langkah-langkah di dalam aplikasi. Biasanya, aplikasi ini akan meminta izin untuk mengakses layar dan memori perangkat kamu.

Penyimpanan di Cloud

Jika kamu ingin mengambil screenshot dengan resolusi tinggi dan menyimpannya secara langsung di cloud, kamu dapat menggunakan layanan seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan di perangkat kamu.

Untuk menggunakan layanan ini, kamu harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Google Drive atau Dropbox di perangkat kamu, lalu login menggunakan akun Google atau Dropbox kamu. Setelah itu, kamu dapat mengambil screenshot dengan resolusi tinggi, dan pilih opsi untuk menyimpan langsung di cloud.

Kesimpulan

Terdapat beberapa cara untuk mengambil screenshot dengan resolusi yang lebih tinggi pada perangkat Android. Cara pertama adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down, sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Screenshot Easy atau Super Screenshot. Terakhir, kamu juga dapat menyimpan screenshot langsung di cloud menggunakan layanan seperti Google Drive atau Dropbox.

Dengan cara ini, kamu dapat mengambil screenshot dengan resolusi tinggi dan membagikannya ke media sosial atau memakainya sebagai bahan presentasi dengan lebih mudah dan efektif.

Pos Terkait:  Apa Perbedaan POCO X5 dan X5 Pro? Simak Dulu Sebelum Membeli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close