CaramantapDunia Kerja

Cara Menghitung FTE Gambar: Langkah Mudah Menghitung Karyawan

×

Cara Menghitung FTE Gambar: Langkah Mudah Menghitung Karyawan

Share this article

Apakah Anda sedang mencari cara menghitung FTE gambar? FTE atau full-time equivalent adalah metode penghitungan jumlah karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Metode ini biasa digunakan untuk menghitung anggaran dan alokasi sumber daya manusia.

Menghitung FTE gambar bisa menjadi rumit jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Namun, dengan mengikuti beberapa langkah mudah, Anda bisa menghitung FTE gambar dengan akurat dan cepat. Berikut adalah cara menghitung FTE gambar:

Langkah 1: Tentukan Waktu Kerja

Pertama-tama, tentukan waktu kerja yang dimiliki oleh karyawan di perusahaan Anda. Waktu kerja ini bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan perusahaan. Misalnya, jika perusahaan Anda memiliki jam kerja 8 jam sehari dan 5 hari dalam seminggu, maka waktu kerja karyawan adalah 40 jam per minggu.

Langkah 2: Hitung Total Waktu Kerja

Selanjutnya, hitung total waktu kerja yang dimiliki oleh seluruh karyawan di perusahaan Anda. Misalnya, jika perusahaan Anda memiliki 100 karyawan dan setiap karyawan memiliki waktu kerja 40 jam per minggu, maka total waktu kerja adalah 4.000 jam per minggu.

Pos Terkait:  Jelaskan Perbedaan Pembuahan yang Terjadi pada Burung dan Ikan

Langkah 3: Tentukan Jumlah FTE

Setelah mengetahui total waktu kerja, tentukan jumlah FTE yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. FTE biasanya dihitung berdasarkan waktu kerja per minggu. Misalnya, jika perusahaan Anda membutuhkan 4.000 jam kerja per minggu dan setiap karyawan bekerja 40 jam per minggu, maka perusahaan Anda membutuhkan 100 FTE.

Langkah 4: Hitung FTE Gambar

Setelah mengetahui jumlah FTE yang dibutuhkan, hitunglah FTE gambar. FTE gambar adalah jumlah FTE yang diwakili oleh karyawan yang bekerja dalam waktu tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki 10 karyawan yang bekerja selama 8 jam per hari dan 5 hari dalam seminggu, maka jumlah FTE gambar adalah 5 (10 karyawan x 40 jam kerja per minggu / 4.000 jam kerja per minggu).

Langkah 5: Hitung FTE Sebenarnya

Terakhir, hitunglah FTE sebenarnya. FTE sebenarnya adalah jumlah FTE yang diwakili oleh karyawan yang bekerja dalam waktu tertentu, dikurangi dengan waktu kerja yang tidak produktif. Misalnya, jika karyawan Anda memiliki waktu kerja 8 jam sehari dan 5 hari dalam seminggu, tetapi hanya bekerja produktif selama 7 jam sehari, maka jumlah FTE sebenarnya adalah 4,375 (10 karyawan x 35 jam kerja produktif per minggu / 4.000 jam kerja per minggu).

Pos Terkait:  Cara Download Video di YT: Mudah dan Cepat

Pertimbangan Penting dalam Menghitung FTE Gambar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghitung FTE gambar. Pertama, pastikan Anda telah memperhitungkan waktu kerja yang dimiliki oleh karyawan. Kedua, pastikan Anda telah memperhitungkan waktu kerja yang tidak produktif, seperti waktu istirahat dan waktu yang dihabiskan untuk kegiatan non-produktif.

Selain itu, pastikan Anda telah memperhitungkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi produktivitas karyawan, seperti absensi, keterlambatan, dan kualitas pekerjaan. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda bisa menghitung FTE gambar dengan lebih akurat dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Conclusion

Menghitung FTE gambar bisa menjadi rumit jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperhatikan faktor-faktor penting dalam menghitung FTE gambar, Anda bisa menghitung FTE gambar dengan akurat dan cepat. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan sumber daya manusia dan anggaran perusahaan dengan lebih efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close