Caramantap

Cara Mengembalikan File PDF yang Terhapus di WhatsApp

×

Cara Mengembalikan File PDF yang Terhapus di WhatsApp

Share this article

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan, foto, video, dan dokumen dalam format PDF. Namun, terkadang file PDF yang dikirim atau diterima dalam WhatsApp dapat terhapus secara tidak sengaja. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan khawatir! Berikut adalah cara mengembalikan file PDF yang terhapus di WhatsApp.

1. Periksa Folder Media di WhatsApp

Pertama, periksa folder media di WhatsApp. Setiap kali Anda menerima atau mengirim file PDF melalui WhatsApp, file tersebut akan disimpan di folder media di ponsel Anda. Untuk menemukan folder media WhatsApp, buka aplikasi File Manager di ponsel Anda dan cari folder WhatsApp. Di dalam folder WhatsApp, Anda akan menemukan subfolder bernama Media. Di dalam subfolder ini, Anda dapat menemukan file PDF yang terhapus.

2. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika Anda tidak dapat menemukan file PDF yang hilang di folder media WhatsApp, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data untuk mengembalikan file tersebut. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi yang dapat Anda coba adalah DiskDigger, Dumpster, dan Recuva.

Pos Terkait:  Heboh Tulisan 26-kan Aku di 77-mu di Belakang Truk

3. Gunakan Fitur Backup di WhatsApp

Jika Anda telah mengaktifkan fitur backup di WhatsApp, Anda dapat mengembalikan file PDF yang terhapus dengan mudah. Fitur backup WhatsApp secara otomatis membuat salinan cadangan dari seluruh percakapan dan file media di akun WhatsApp Anda. Untuk mengembalikan file PDF yang terhapus, cukup uninstal WhatsApp dan instal kembali aplikasi tersebut. Saat Anda menginstal ulang WhatsApp, Anda akan diminta untuk mengembalikan percakapan dan file media dari cadangan WhatsApp. Pilih opsi untuk mengembalikan file media dan tunggu proses selesai.

4. Hubungi Layanan Dukungan WhatsApp

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengembalikan file PDF yang terhapus, Anda dapat menghubungi layanan dukungan WhatsApp. Tim dukungan WhatsApp dapat membantu Anda mengembalikan file PDF yang terhapus dari server WhatsApp. Namun, pastikan Anda memiliki informasi yang cukup untuk membuktikan bahwa file PDF tersebut benar-benar milik Anda.

5. Cara Mencegah File PDF Terhapus di WhatsApp

Agar file PDF tidak terhapus di WhatsApp, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda memiliki cadangan file PDF di tempat lain, seperti di komputer atau cloud storage. Kedua, hindari menghapus file media di WhatsApp secara tidak sengaja. Ketiga, aktifkan fitur backup di WhatsApp untuk membuat salinan cadangan dari seluruh percakapan dan file media di akun WhatsApp Anda secara otomatis.

Pos Terkait:  R Download Shortcut iOS dan Cara Install Terbaru 2022

Kesimpulan

Terhapusnya file PDF di WhatsApp bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Namun, dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda dapat mengembalikan file PDF yang terhapus dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat mencegah file PDF terhapus di WhatsApp dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan yang sederhana. Jadi, jangan biarkan file PDF Anda hilang begitu saja! Lakukan beberapa cara di atas dan nikmati kembali file PDF yang terhapus di WhatsApp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close