CaramantapSeni dan Hiburan

Cara Melafalkan Huruf dalam Abjad Bahasa Prancis

×

Cara Melafalkan Huruf dalam Abjad Bahasa Prancis

Share this article

Pendahuluan

Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa yang memiliki sejarah panjang dan kaya akan budaya. Bagi sebagian orang, bahasa Prancis sering dianggap sebagai bahasa yang rumit dan sulit untuk dipelajari. Hal ini karena bahasa Prancis memiliki aturan pengucapan yang berbeda dari bahasa Indonesia. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara melafalkan huruf dalam abjad bahasa Prancis dengan mudah dan cepat dipahami.

Abjad Bahasa Prancis

Abjad bahasa Prancis terdiri dari 26 huruf yang sama dengan abjad bahasa Inggris. Namun, terdapat beberapa huruf yang memiliki pengucapan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Berikut adalah cara melafalkan huruf dalam abjad bahasa Prancis:

A – a

Huruf A dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “a”. Contohnya, dalam kata “ami” (teman) dilafalkan “a-mi.

B – b

Huruf B dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “be. Contohnya, dalam kata “bonjour” (selamat pagi) dilafalkan “bon-zhur.

C – c

Huruf C dalam bahasa Prancis memiliki dua cara pengucapan, yaitu “s” dan “k. Pada umumnya, huruf C yang diikuti oleh huruf E, I, atau Y dilafalkan sebagai “s”, sedangkan huruf C yang diikuti oleh huruf A, O, atau U dilafalkan sebagai “k. Contohnya, dalam kata “café” (kopi) dilafalkan “ka-fe”, sedangkan dalam kata “cent” (seratus) dilafalkan “san”.

Pos Terkait:  Apakah Gelang Kokka Tidak Boleh Dibawa ke Kamar Mandi?

D – d

Huruf D dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “de. Contohnya, dalam kata “deux” (dua) dilafalkan “dö”.

E – e

Huruf E dalam bahasa Prancis memiliki beberapa cara pengucapan tergantung pada posisinya dalam kata. Jika huruf E diikuti oleh huruf konsonan, maka huruf E tersebut tidak dilafalkan. Jika huruf E diikuti oleh huruf vokal, maka huruf E tersebut dilafalkan sebagai “ö”. Jika huruf E berada pada akhir kata dan tidak diikuti oleh huruf konsonan, maka huruf E tersebut dilafalkan sebagai “euh. Contohnya, dalam kata “été” (musim panas) dilafalkan “e-te”, sedangkan dalam kata “elle” (dia) dilafalkan “el”.

F – f

Huruf F dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “ef. Contohnya, dalam kata “français” (bahasa Prancis) dilafalkan “fran-sé”.

G – g

Huruf G dalam bahasa Prancis memiliki dua cara pengucapan, yaitu “z” dan “g. Pada umumnya, huruf G yang diikuti oleh huruf E, I, atau Y dilafalkan sebagai “z”, sedangkan huruf G yang diikuti oleh huruf A, O, atau U dilafalkan sebagai “g”. Contohnya, dalam kata “garçon” (pelayan laki-laki) dilafalkan “gar-son”.

H – h

Huruf H dalam bahasa Prancis sebenarnya tidak dilafalkan, kecuali pada beberapa kata seperti “hiver” (musim dingin) dan “hôtel” (hotel), di mana huruf H tersebut dilafalkan sebagai “h.

I – i

Huruf I dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “i. Contohnya, dalam kata “ici” (di sini) dilafalkan “i-si”.

J – j

Huruf J dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “je. Contohnya, dalam kata “jardin” (taman) dilafalkan “jar-din”.

Pos Terkait:  Jelaskan Perbedaan Antara Gaya Sentuh dan Gaya Tak Sentuh

K – k

Huruf K dalam bahasa Prancis jarang digunakan dan hanya muncul pada beberapa kata serapan dari bahasa asing seperti “karaté” (karate) dan “kilo” (kilogram).

L – l

Huruf L dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “el. Contohnya, dalam kata “lundi” (senin) dilafalkan “lon-di”.

M – m

Huruf M dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “em. Contohnya, dalam kata “merci” (terima kasih) dilafalkan “mer-si.

N – n

Huruf N dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “en. Contohnya, dalam kata “non” (tidak) dilafalkan “non”.

O – o

Huruf O dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “o. Contohnya, dalam kata “orange” (jeruk) dilafalkan “o-ran-je”.

P – p

Huruf P dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “pe. Contohnya, dalam kata “parler” (berbicara) dilafalkan “par-lé”.

Q – q

Huruf Q dalam bahasa Prancis selalu diikuti oleh huruf U dan dilafalkan sebagai “ku. Contohnya, dalam kata “queue” (ekor) dilafalkan “ku”.

R – r

Huruf R dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Pengucapan huruf R dalam bahasa Prancis lebih mirip dengan suara gesekan. Contohnya, dalam kata “rouge” (merah) dilafalkan “ruzh”.

S – s

Huruf S dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “es. Contohnya, dalam kata “souris” (tikus) dilafalkan “su-ris”.

T – t

Huruf T dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “te”. Contohnya, dalam kata “temps” (waktu) dilafalkan “ton”.

Pos Terkait:  Cara untuk Melakukan Crunch

U – u

Huruf U dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Pengucapan huruf U dalam bahasa Prancis lebih mirip dengan suara “yu. Contohnya, dalam kata “une” (satu) dilafalkan “yün”.

V – v

Huruf V dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “ve”. Contohnya, dalam kata “vendredi” (jumat) dilafalkan “von-druh-di”.

W – w

Huruf W dalam bahasa Prancis biasanya hanya muncul pada kata serapan dari bahasa asing seperti “week-end” (akhir pekan).

X – x

Huruf X dalam bahasa Prancis memiliki pengucapan yang bervariasi tergantung pada kata yang digunakan. Contohnya, dalam kata “examen” (ujian) dilafalkan “egzamen”, sedangkan dalam kata “aux” (ke) dilafalkan “o”.

Y – y

Huruf Y dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Pengucapan huruf Y dalam bahasa Prancis lebih mirip dengan suara “i. Contohnya, dalam kata “yogourt” (yogurt) dilafalkan “yo-gurt”.

Z – z

Huruf Z dalam bahasa Prancis dilafalkan dengan cara yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu “zet. Contohnya, dalam kata “zéro” (nol) dilafalkan “zé-ro”.

Kesimpulan

Dalam bahasa Prancis, setiap huruf memiliki cara pengucapan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, untuk melafalkan huruf dalam abjad bahasa Prancis dengan baik dan benar, diperlukan latihan yang teratur dan konsisten. Dengan menguasai cara pengucapan huruf dalam bahasa Prancis, maka akan memudahkan dalam berkomunikasi dengan orang Prancis dan memperkaya kosa kata dalam bahasa Prancis.

close