Senin, 03 Mei 2021

Prinsip-Prinsip Pertanian Organik Yang Perlu Diketahui

Pertanian organik mengajak petani untuk memperhatikan kondisi alam dan lingkungan dengan mengembangkan cara budidaya dan pengelolaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, penyesuaian dengan kondisi setempat yang didasarkan atas hubungan tanah, tanamna, lemak, dan manusia, alam dan lingkungan. Pertanian organik lebih ditekankan pada peningkatan proses daur ulang untuk meminimalisir kerusakan lingkungan pertanian.

Berikut Prinsip-prinsip Pertanian Organik yang Perlu Diketahui

1. Prinsip Kesehatan; Pertanian organik harus melestarikan dan meningkatkan kesehatan sumber  daya yang ada, dalam arti meningkatkan kesehatan tanah, tanaman, hewan, manusia dan lingkungan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

2. Prinsip Ekologi; Pertanian organik harus didasarkan pada sistem dan siklus ekologi kehidupan. Artinya setiap aktifitas harus melihat dan mencontoh sekaligus menjaga sistem dan siklus ekologi yang terkait dengan pertanian organik.

3. Prinsip keadilan; pertanian organik harus membangun hubungan yang mampu menjamin keadilan terkait dengan lingkungan dan kesempatan hidup bersama

4. Prinsip perlindungan; pertanian organik harus dikelola dengan hati-hati dan bertanggungjawab untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang serta lingkungan hidup.


EmoticonEmoticon