Kamis, 23 Juli 2020

Al-Quran Dan Janji Allah Untuk Menjaganya (Dialog Khalifah Makmun Dan Orang Yahudi)

Kisah Al-Quran Dan Janji Allah   Untuk Menjaganya


Diriwayatkan dari Yahya bin Aktsam bahwa Khalifah Al-Makmum mempunyai sebuah majelis pertemuan. Suatu hari, masuklah seorang pria yahudi. Ia berbicara dengan sangat bagus dan indah. Seusai majelis Khalifah pun bertanya

“Apakah anda seorang Yahudi?”

“Benar, Tuan”

“Masuklah Islam maka saya akan memberimu ini dan itu…”

“Tidak! Aku akan tetap berpegang dengan agamaku dan agama nenek moyangku…”

Singkat cerita, setahun kemudian pria yahudi itu muncul kembali, tetapi ia telah menjadi seorang muslim. Seusai majelis Khalifah memanggilnya.

“Bukankah engkau pria yahudi yang dulu pernah hadir pula di majelis ini ?”

“Benar sekali, Tuan”

“Bagaimana pula kisah keislamanmu?”

“Saat itu, ketika saya meninggalkan majelis anda ini, saya terpikir untuk menguji satu persatu agama-agama ini. Dan kebetulan saya mempunyai tulisan yang indah. Saya pun mengambil sebuah kitab Taurat, lalu menulisnya sebanyak tiga eksemplar dengan melakukan penambahan dan pengurangan terhadapnya. Kemudian saya menawarkannya ke sebuah sinagog, dan ternyata mereka mau membelinya.

Kemudian saya mengambil sebuah kitab Injil, lalu melakukan hal yang sama (yaitu menulisnya sebanyak tiga eksemplar dengan melakukan penambahan dan pengurangan) untuk kemudian saya tawarkan kepada sebuah gereja. Ternyata mereka pun mau membelinya.

Selanjutnya saya mengambil sebuah kitab Al-Qur’an. Saya pun menulisnya sebanyak tiga eksemplar dengan juga melakukan penambahan dan pengurangan terhadap ayat-ayatnya. Lalu saya pun menawarkannya kepada tukang-tukang kertas. Mereka kemudian memeriksa halaman demi halamannya. Ketika mereka mengetahui adanya penambahan dan pengurangan, mereka pun langsung menolak dan tidak mau membelinya. Saat itulah saya sadar bahwa Kitab itu (Al-Qur’an) memang akan selalu terjaga. Dan itulah yang menyebabkan saya masuk Islam.”


  •  Imam Al-Qurthubi di dalam Al-Jami’ fi Ahkam Al-Qur’an


EmoticonEmoticon