Caramantap

Canda Nabi Muhammad SAW Kepada Hudzaifah Dengan Mengatakan: “Bangunlah , Hai Nauman”

×

Canda Nabi Muhammad SAW Kepada Hudzaifah Dengan Mengatakan: “Bangunlah , Hai Nauman”

Share this article

 

Canda Nabi Muhammad SAW Kepada Hudzaifah Dengan Mengatakan: “Bangunlah , Hai Nauman!

https://www.caramantap.com/2020/06/canda-nabi-muhammad-saw-kepada_26.html
 
Dari Hudzaifah r.a, ia menceritakan: “….Lalu Nabi saw menyelimutiku dengan mantel yang biasa beliau pakai untuk shalat, dan aku masih tetap tertidur hingga menjelang fajar. Ketika fajar tiba, beliau berseru: “
((قًمْ يَا نَوْ مَا نً))
Bangunlah, hai Nauman (orang yang tidur)”
 
Al-Qurtubi r.a menjelaskan: “salah satu alasan Allah menyeru Nabinya seperti termaktub dalam ayat (يَأيًّهَا المًزَمِلً)wahai orang yang berselimut (Muhammad)”” (QS. Al-Muzammil [73]: 1) adalah untuk menunjukkan sikap lemah lembut. 
 
Sebab, apabila orang Arab bermaksud berlemah lembut kepada lawan bicaranya, dan tidak berniat mencelanya, maka dia memanggilnya dengan menyebutkan kondisi yang sedang di alaminya. Seperti hal nya perkataan Nabi saw kepada Ali r.a yang sedang marah kepada Fatimah r.a ; beliau memanggilnya dengan seruan: “bangunlah! Hai Abu Turab (orang yang berlumuran debu)” tatkala mendapati dia sedang tidur dengan tanah yang menempel di tubuhnya. Yang demikian itu untuk memberi kesan bahwa beliau tidak mencela Ali, melainkan ingin bercanda dan mengambil simpatiknya. Begitu juga faedah yang terkandung dalam ucapan Nabi saw kepada Hudzaifah r.a : “Bangunlah, hai Nauman”.
Beliau menyeru Hudzaifah r.a – yang ketika itu sedang tidur – dengan pangilan ini guna menunjukkan kelembutan sikap dan menghindari kesan mencela.”

 

Pos Terkait:  Cara Mengatasi Not Available in Your Country SoundCloud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close