Perbedaan Waktu China dan Indonesia 2: Kenali Seluk Beluknya

Posted on

Perbedaan waktu China dan Indonesia memang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Saat ini, China dan Indonesia memiliki perbedaan waktu sebesar satu jam. Namun, tahukah Anda bahwa perbedaan waktu tersebut pernah berbeda di masa lalu?

Perbedaan Waktu China dan Indonesia di Masa Lalu

Pada tahun 1963 hingga 1987, perbedaan waktu China dan Indonesia adalah dua jam. Hal ini disebabkan oleh kebijakan waktu Beijing yang mengacu pada waktu standar internasional GMT+8. Sementara itu, Indonesia mengacu pada waktu GMT+7.

Namun, pada tahun 1988, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengubah zona waktunya dari GMT+7 menjadi GMT+8. Hal ini membuat perbedaan waktu antara China dan Indonesia menjadi satu jam hingga saat ini.

Kenali Zona Waktu di China dan Indonesia

Untuk lebih memahami perbedaan waktu China dan Indonesia, mari kita mengenal zona waktunya masing-masing.

China memiliki satu zona waktu nasional yang disebut China Standard Time (CST) atau Waktu Standar China. Waktu Standar China mengacu pada waktu GMT+8. Artinya, jika Anda berada di Indonesia dan ingin menghubungi seseorang di China, Anda harus menghitung selisih waktu satu jam lebih cepat.

Pos Terkait:  Spoiler One Piece Chapter 1045, Wujud Gear Kelima Luffy

Sementara itu, Indonesia memiliki tiga zona waktu yang berbeda, yaitu:

Perbedaan Waktu China dan Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Perbedaan waktu China dan Indonesia memang cukup mempengaruhi kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal komunikasi dan bisnis.

Jika Anda ingin melakukan panggilan telepon atau video call dengan orang di China, Anda harus memperhatikan perbedaan waktu agar tidak mengganggu waktu istirahat mereka. Selain itu, jika Anda ingin melakukan bisnis dengan China, Anda juga harus menyesuaikan jadwal rapat atau konferensi dengan perbedaan waktu yang ada.

Perbedaan waktu juga mempengaruhi jadwal penerbangan antara China dan Indonesia. Waktu penerbangan dari Indonesia ke China lebih cepat satu jam, sedangkan waktu penerbangan dari China ke Indonesia lebih lama satu jam.

Penutup

Perbedaan waktu China dan Indonesia memang terkadang membingungkan, namun dengan memahami zona waktunya masing-masing, kita bisa lebih mudah menyesuaikan jadwal dan menghindari kesalahan komunikasi atau bisnis. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan perbedaan waktu ketika melakukan panggilan atau penerbangan antara China dan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *