Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Posted on

Memiliki ponsel pintar dengan kamera yang canggih pasti menjadi favorit semua orang. Pasalnya, dengan fitur kamera tersebut, kita bisa mengabadikan momen penting dalam hidup kita dan menyimpannya dalam bentuk foto atau video. Namun, terkadang foto yang kita simpan di HP Oppo bisa hilang secara tiba-tiba. Hal ini tentu sangat menyedihkan, terutama jika foto tersebut memiliki nilai sentimental yang tinggi. Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan khawatir karena ada cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Oppo tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan.

Pertama-tama, Cek di Folder Sampah

Ketika kamu menghapus foto di HP Oppo, foto tersebut sebenarnya tidak hilang secara permanen dari perangkat kamu. Biasanya foto yang dihapus akan masuk ke dalam folder sampah atau recycle bin HP Oppo. Kamu bisa menemukannya dengan mengakses folder tersebut di perangkat kamu. Jika kamu menemukan foto yang kamu cari di folder sampah, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah. Kamu hanya perlu menekan foto tersebut dan memilih opsi “Restore” untuk mengembalikannya ke dalam album foto kamu.

Pos Terkait:  Cara Membuat Menu Dropdown Sederhana

Kedua, Gunakan Google Photos

Jika kamu tidak menemukan foto yang hilang di folder sampah, kamu masih bisa mencoba cara yang lain yaitu menggunakan Google Photos. Aplikasi Google Photos merupakan aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Playstore. Aplikasi ini sangat berguna untuk membackup foto kamu secara otomatis ke cloud Google. Selain itu, Google Photos juga memiliki fitur Trash yang akan menyimpan foto yang dihapus selama 60 hari. Kamu bisa mengakses fitur ini di menu “Trash” yang ada di aplikasi Google Photos. Jika kamu menemukan foto yang dihapus di sana, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah. Kamu hanya perlu menekan foto tersebut dan memilih opsi “Restore” untuk mengembalikannya ke dalam album foto kamu.

Ketiga, Gunakan Fitur Undelete di HP Oppo

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, kamu masih bisa mencoba cara yang lain yaitu menggunakan fitur Undelete yang ada di HP Oppo. Fitur ini bisa membantu kamu mengembalikan foto yang terhapus dari perangkat kamu dengan mudah. Namun, fitur ini hanya tersedia di beberapa model HP Oppo saja. Kamu bisa mencari tahu apakah perangkat kamu memiliki fitur ini dengan mengakses menu “File Manager. Jika kamu menemukan menu “Undelete”, kamu bisa menggunakannya untuk mencari dan mengembalikan foto yang terhapus di HP Oppo kamu.

Pos Terkait:  Cara untuk Tersenyum dengan Gigi Tidak Sempurna

Keempat, Gunakan Aplikasi Recovery

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu masih bisa mencoba cara yang terakhir yaitu menggunakan aplikasi recovery. Aplikasi recovery bisa membantu kamu mengembalikan foto yang terhapus secara permanen dari perangkat kamu. Namun, kamu harus hati-hati dalam menggunakan aplikasi ini karena jika tidak digunakan dengan benar, perangkat kamu bisa mengalami kerusakan yang lebih parah.

Ada banyak aplikasi recovery yang bisa kamu gunakan di HP Oppo kamu. Beberapa aplikasi recovery yang populer antara lain DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Recuva. Kamu bisa mencari tahu cara menggunakan aplikasi recovery tersebut di internet atau meminta bantuan dari ahli IT untuk membantu kamu mengembalikan foto yang terhapus.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Oppo tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan. Namun, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam menghapus foto di perangkat kamu agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Selalu backup foto kamu secara berkala ke cloud atau perangkat lain agar kamu tidak kehilangan foto yang penting bagi kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah dengan foto yang hilang di HP Oppo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *