Caramantap

Cara Menambah VRAM Nvidia Laptop

×

Cara Menambah VRAM Nvidia Laptop

Share this article

VRAM atau Video RAM adalah jenis memori yang digunakan oleh kartu grafis untuk menampilkan gambar dan video pada layar. Semakin besar VRAM yang dimiliki, semakin baik kinerja grafik laptop Anda. Namun, banyak pengguna laptop yang kesulitan dalam menambah VRAM di laptop mereka, terutama pada laptop dengan kartu grafis Nvidia.

Apa itu Nvidia?

Nvidia adalah salah satu produsen kartu grafis terbesar di dunia. Mereka memiliki berbagai macam produk, mulai dari kartu grafis desktop hingga kartu grafis untuk laptop. Salah satu produk terbaru mereka adalah Nvidia GTX 10 series, yang menawarkan kinerja grafis yang sangat tinggi.

Mengapa Menambah VRAM?

Meningkatkan VRAM pada laptop Anda dapat meningkatkan kinerja grafis dan memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat. Ini akan menjadi sangat berguna bagi para gamer dan pengguna yang bekerja dengan grafik atau video editing.

Pos Terkait:  Cara Menambahkan Ke Keranjang Tokopedia

Cara Menambah VRAM pada Laptop Nvidia

Berikut adalah cara menambah VRAM pada laptop Nvidia:

1. Buka BIOS

Pertama, Anda perlu membuka BIOS laptop Anda. Ini dapat dilakukan dengan menekan tombol F2 atau Del saat laptop Anda dinyalakan. Setiap laptop memiliki cara yang berbeda untuk membuka BIOS, jadi pastikan untuk membaca manual pengguna Anda.

2. Cari Pengaturan VGA

Setelah Anda membuka BIOS, cari pengaturan VGA atau pengaturan kartu grafis. Ini akan terletak di bagian Advanced atau Chipset Configuration. Kembali, setiap laptop memiliki lokasi yang berbeda untuk pengaturan VGA, jadi pastikan untuk membaca manual pengguna Anda.

3. Atur VRAM

Setelah Anda menemukan pengaturan VGA, cari opsi untuk mengatur VRAM. Ini mungkin disebut sebagai “Shared Memory”, “IGPU Memory”, “Graphics Settings”, atau sesuatu yang serupa. Ubah pengaturan ini menjadi jumlah VRAM yang Anda inginkan. Pastikan untuk menyimpan pengaturan sebelum keluar dari BIOS.

4. Restart Laptop

Setelah Anda mengatur VRAM pada BIOS, restart laptop Anda. Sekarang, laptop Anda akan memiliki lebih banyak VRAM untuk digunakan oleh kartu grafis.

Tips Tambahan

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk meningkatkan kinerja grafis laptop Anda:

Pos Terkait:  Build Granger Tersakit untuk Menjadi Pemenang di Mobile Legends

1. Perbarui Driver Kartu Grafis Anda

Perbarui driver kartu grafis Anda secara teratur untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik dan fitur baru.

2. Bersihkan Laptop Anda

Membersihkan laptop Anda secara teratur dapat membantu mencegah overheating dan mempertahankan kinerja yang baik.

3. Kurangi Resolusi

Menurunkan resolusi layar dapat membantu meningkatkan kinerja grafis pada laptop Anda.

Kesimpulan

Menambah VRAM pada laptop Nvidia dapat meningkatkan kinerja grafis dan memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat. Anda dapat melakukannya dengan mengubah pengaturan di BIOS laptop Anda. Selain itu, perbarui driver kartu grafis Anda secara teratur dan bersihkan laptop Anda untuk menjaga kinerja yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close