Cara Membuat Video Landscape Menjadi Portrait

Posted on

Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana Anda merekam video dalam mode landscape namun ingin menggunakannya dalam format portrait. Baik itu untuk posting di Instagram, Snapchat, atau platform media sosial lainnya, mengubah format video bisa menjadi hal yang menyebalkan. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat video landscape menjadi portrait.

Step 1: Siapkan Software Editing Video

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan software editing video. Anda dapat menggunakan Adobe Premiere, Final Cut Pro, atau aplikasi edit video lainnya yang Anda kuasai. Pastikan software tersebut mendukung rotasi video.

Step 2: Import Video ke Software Editing

Setelah Anda menyiapkan software editing video, langkah selanjutnya adalah mengimpor video yang ingin Anda ubah ke dalam software tersebut. Pastikan video yang ingin Anda ubah berada dalam mode landscape.

Pos Terkait:  Perbedaan Phonetic dan Phonology

Step 3: Buat Sequence Baru

Setelah mengimpor video ke dalam software editing video, buatlah sequence baru. Pastikan sequence yang Anda buat sesuai dengan ukuran video portrait yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin mengubah video menjadi ukuran 1080 x 1920, maka buatlah sequence dengan ukuran tersebut.

Step 4: Rotasi Video

Setelah membuat sequence baru, drag and drop video yang ingin diubah ke dalam sequence. Kemudian, klik kanan video tersebut dan pilih opsi rotasi. Pilih rotasi 90 derajat searah jarum jam atau 270 derajat berlawanan arah jarum jam untuk mengubah video landscape menjadi portrait.

Step 5: Sesuaikan Frame

Setelah merotasi video, sesuaikan frame video dengan ukuran sequence yang telah Anda buat. Pastikan video terlihat proporsional dan tidak terpotong.

Step 6: Re-Position Video

Jika diperlukan, re-position video ke tengah frame. Pastikan video terlihat rapi dan tidak terpotong.

Step 7: Preview Video

Sebelum menyimpan video, preview video untuk memastikan bahwa video telah diubah menjadi format portrait dengan benar.

Step 8: Simpan Video

Jika video sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, simpan video dalam format yang Anda inginkan. Selesai!

Demikianlah panduan lengkap tentang cara membuat video landscape menjadi portrait. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Pos Terkait:  Perbedaan Serigala dan Rubah

Kesimpulan

Mengubah format video bisa menjadi hal yang menyebalkan, namun dengan menggunakan software editing video yang tepat, mengubah format video menjadi mudah. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara membuat video landscape menjadi portrait. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengubah format video dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *