Caramantap

Mengapa Gereja Turut Serta dalam Tugas Kristus

×

Mengapa Gereja Turut Serta dalam Tugas Kristus

Share this article

Gereja adalah suatu wadah tempat berkumpulnya umat Kristen untuk menyembah Tuhan. Namun, gereja tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai bagian dari tugas Kristus. Apa saja tugas Kristus yang harus dilakukan oleh gereja? Mari kita bahas lebih jauh.

Tugas Kristus Pertama: Mengabarkan Firman Tuhan

Tugas pertama dari Kristus adalah mengabarkan firman Tuhan kepada manusia. Hal ini juga menjadi tugas gereja untuk menyebarkan ajaran firman Tuhan kepada umat Kristen maupun non-Kristen. Dalam kitab Matius 28:19-20 dikatakan, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.

Gereja sebagai wadah pengabaran firman Tuhan dapat menyampaikan pesan-pesan kebenaran melalui berbagai macam cara, seperti khotbah, seminar, diskusi, atau kegiatan sosial keagamaan. Dengan cara ini, gereja dapat membantu umat Kristen untuk lebih memahami ajaran Tuhan dan mendapatkan keselamatan.

Tugas Kristus Kedua: Memberikan Kasih dan Pelayanan

Tugas kedua dari Kristus adalah memberikan kasih dan pelayanan kepada sesama. Kristus mengajarkan agar kita saling mengasihi dan membantu sesama, sesuai dengan firman Tuhan dalam Markus 12:31, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Oleh karena itu, gereja juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan kasih dan pelayanan kepada sesama.

Pos Terkait:  Cara Agar Dapat Menangkap Sinyal WiFi yang Jauh

Gereja dapat memberikan pelayanan melalui berbagai macam kegiatan seperti mengunjungi orang sakit, memberikan bantuan kebutuhan dasar, mengadakan program pengembangan keterampilan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, gereja dapat menjadi wadah bagi umat Kristen yang ingin berbuat baik dan membantu sesama.

Tugas Kristus Ketiga: Membawa Damai dan Keadilan

Tugas ketiga dari Kristus adalah membawa damai dan keadilan ke dunia. Kristus mengajarkan agar kita hidup dalam damai dan menolak segala bentuk kekerasan, sesuai dengan firman Tuhan dalam Matius 5:9, “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

Gereja juga memiliki tanggung jawab untuk membawa damai dan keadilan ke dunia. Gereja dapat melakukan hal ini dengan berbagai cara, seperti memperjuangkan hak asasi manusia, memerangi kemiskinan dan kejahatan, dan mempromosikan toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Tugas Kristus Keempat: Memuliakan Tuhan

Tugas terakhir dari Kristus adalah memuliakan Tuhan. Kristus mengajarkan agar kita selalu memuliakan Tuhan dan menghormati-Nya, sesuai dengan firman Tuhan dalam Roma 12:1-2, “Sebab itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Pos Terkait:  Cara Membuat Feed Instagram Rapi

Gereja juga memiliki tanggung jawab untuk memuliakan Tuhan melalui berbagai macam kegiatan ibadah, seperti mengadakan misa, puasa, doa bersama, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, gereja dapat membantu umat Kristen untuk memperkuat iman dan hubungan mereka dengan Tuhan.

Kesimpulan

Dalam menjalankan tugas Kristus, gereja memiliki peran yang sangat penting. Gereja harus mengabarkan firman Tuhan, memberikan kasih dan pelayanan kepada sesama, membawa damai dan keadilan ke dunia, serta memuliakan Tuhan. Dengan melaksanakan tugas Kristus ini, gereja dapat menjadi wadah untuk membantu umat Kristen untuk memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dalam hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close