Caramantap

Jelaskan Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

×

Jelaskan Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

Share this article

Komputer merupakan salah satu teknologi yang sangat penting dan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, komputer pun mengalami banyak perubahan dan perkembangan, salah satunya adalah komputer generasi keempat. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai ciri-ciri dari komputer generasi keempat.

Pengenalan Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat adalah jenis komputer yang berkembang pada tahun 1971 hingga 1980-an. Pada masa ini, terjadi perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga komputer generasi keempat memiliki kecepatan dan kemampuan yang jauh lebih baik daripada komputer generasi sebelumnya.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari komputer generasi keempat:

1. Ukuran yang Lebih Kecil

Komputer generasi keempat memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi dalam bidang mikroelektronik.

2. Kemampuan yang Lebih Canggih

Komputer generasi keempat memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih daripada komputer generasi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan pada kecepatan prosesor dan kapasitas memori.

Pos Terkait:  Cek Tagihan Listrik Batam: Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Pembayaran Tagihan Listrik

3. Menggunakan Mikroprosesor

Komputer generasi keempat menggunakan mikroprosesor sebagai otak dari komputer. Hal ini membuat komputer generasi keempat memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan mampu melakukan banyak tugas secara bersamaan.

4. Penggunaan Sistem Operasi

Komputer generasi keempat menggunakan sistem operasi sebagai pengatur sumber daya komputer. Hal ini membuat penggunaan komputer menjadi lebih mudah dan efisien.

5. Adanya Perkembangan pada Perangkat Keras

Komputer generasi keempat memiliki perkembangan pada perangkat keras, seperti penggunaan monitor berwarna, keyboard yang lebih baik, dan mouse.

6. Adanya Perkembangan pada Perangkat Lunak

Komputer generasi keempat memiliki perkembangan pada perangkat lunak, seperti penggunaan bahasa pemrograman yang lebih canggih dan penggunaan program aplikasi yang lebih kompleks.

7. Penggunaan Jaringan Komputer

Komputer generasi keempat menggunakan jaringan komputer sebagai sarana untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Hal ini membuat penggunaan komputer menjadi lebih efisien dan mudah dalam berkomunikasi.

Kesimpulan

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri dari komputer generasi keempat. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer generasi keempat memiliki banyak keunggulan dan kemampuan yang jauh lebih baik daripada komputer generasi sebelumnya. Oleh karena itu, perkembangan komputer generasi keempat menjadi tonggak penting dalam perkembangan teknologi komputer.

Pos Terkait:  Cara Mengecek Transferan Masuk di M Banking BCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close