Caramantap

Jelaskan Bentuk Rumah Woloan

×

Jelaskan Bentuk Rumah Woloan

Share this article

Rumah Woloan merupakan salah satu bentuk rumah tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara. Rumah Woloan juga dikenal dengan sebutan Rumah Minahasa. Bentuknya yang unik dan khas membuat banyak orang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang rumah ini. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang bentuk rumah Woloan.

Sejarah Rumah Woloan

Bentuk rumah Woloan sebenarnya sudah ada sejak zaman nenek moyang Sulawesi Utara. Rumah ini dibangun dengan tujuan untuk melindungi penduduk dari serangan binatang buas, musuh, dan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Selain itu, rumah Woloan juga dirancang agar nyaman digunakan oleh penduduknya.

Bentuk Rumah Woloan

Rumah Woloan memiliki bentuk yang unik dan khas. Umumnya, rumah ini memiliki atap berbentuk seperti tanduk kerbau yang dikenal dengan sebutan “sarang burung. Atap ini dibuat dari bahan ijuk yang merupakan serat kelapa kering. Selain itu, rumah Woloan juga memiliki dinding yang terbuat dari kayu dan bambu. Pada bagian bawah dinding, terdapat batu bata yang berfungsi sebagai dasar rumah.

Pos Terkait:  Cara Menggunakan Kupon Diskon Tokopedia

Fungsi Ruangan dalam Rumah Woloan

Rumah Woloan memiliki beberapa ruangan yang memiliki fungsi masing-masing. Ruangan utama pada rumah ini adalah ruang tamu atau yang disebut dengan “ale. Ruangan ini biasanya digunakan untuk menerima tamu atau sebagai tempat berkumpul keluarga. Selain itu, rumah Woloan juga memiliki ruangan tidur yang disebut dengan “sio”. Ruangan ini biasanya terletak di bagian belakang rumah dan dilengkapi dengan tempat tidur dan lemari pakaian.

Kelebihan Rumah Woloan

Rumah Woloan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan rumah modern saat ini. Pertama, rumah ini memiliki sirkulasi udara yang baik karena atap berbentuk sarang burung yang memungkinkan udara segar masuk ke dalam rumah. Selain itu, rumah Woloan juga dapat menahan suhu panas dan dingin dengan baik sehingga penghuninya tetap merasa nyaman. Kedua, rumah Woloan memiliki daya tahan yang kuat karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, dan ijuk. Hal ini membuat rumah ini dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai bentuk rumah Woloan. Rumah ini merupakan salah satu bentuk rumah tradisional yang masih dipertahankan dan digunakan hingga saat ini. Dengan keunikan dan kelebihannya, rumah Woloan dapat menjadi salah satu inspirasi untuk merancang rumah impian Anda.

Pos Terkait:  Cara Bermain Bekel Gambar: Menyenangkan dan Mengasah Kreativitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close