Caramantap

Perbedaan ISBN dan ISSN

×

Perbedaan ISBN dan ISSN

Share this article

Pengertian ISBN dan ISSN

ISBN dan ISSN adalah dua jenis kode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan buku dan publikasi periodik. ISBN adalah singkatan dari International Standard Book Number, sedangkan ISSN adalah singkatan dari International Standard Serial Number.ISBN digunakan untuk mengidentifikasi buku, sedangkan ISSN digunakan untuk mengidentifikasi publikasi periodik seperti majalah, jurnal, dan surat kabar.

Fungsi ISBN dan ISSN

ISBN dan ISSN memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memudahkan pengelolaan, distribusi, dan pemasaran buku dan publikasi periodik. Dengan adanya kode ini, buku dan publikasi periodik dapat diidentifikasi secara unik dan akurat.Dalam dunia penerbitan, ISBN dan ISSN juga penting untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman buku dan publikasi periodik ke tujuan yang salah, serta memudahkan pelacakan apabila terjadi masalah dalam pengiriman.

Perbedaan ISBN dan ISSN

Meskipun ISBN dan ISSN memiliki fungsi yang sama, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya, yaitu:1. Jenis publikasi: ISBN digunakan untuk mengidentifikasi buku, sedangkan ISSN digunakan untuk mengidentifikasi publikasi periodik seperti majalah, jurnal, dan surat kabar.2. Panjang kode: ISBN terdiri dari 13 digit, sedangkan ISSN terdiri dari 8 digit.3. Kode awalan: ISBN memiliki kode awalan yang berbeda-beda tergantung pada negara penerbit, sedangkan ISSN memiliki kode awalan yang sama yaitu “ISSN”.4. Penerbitan ulang: Setiap kali buku diterbitkan ulang dengan judul dan pengarang yang sama, ISBN akan tetap sama. Sementara itu, setiap kali publikasi periodik diterbitkan ulang dengan judul yang sama, tetapi dengan nomor ISSN yang berbeda, maka akan diberikan nomor ISSN baru.

Pos Terkait:  Cara Menyimpan Video Like ke Galeri Tanpa Di Post

Contoh ISBN dan ISSN

Berikut ini adalah contoh ISBN dan ISSN:1. ISBN: 978-3-16-148410-0, kode ini merupakan ISBN untuk buku “The Art of Computer Programming” karya Donald Knuth.2. ISSN: 1234-5678, kode ini merupakan ISSN untuk majalah “National Geographic.

Kesimpulan

Dalam dunia penerbitan, ISBN dan ISSN memiliki peran penting dalam pengelolaan, distribusi, dan pemasaran buku dan publikasi periodik. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, namun terdapat perbedaan antara ISBN dan ISSN dalam jenis publikasi, panjang kode, kode awalan, dan penerbitan ulang. Dengan adanya ISBN dan ISSN, buku dan publikasi periodik dapat diidentifikasi secara unik dan akurat, sehingga memudahkan dalam pengiriman dan pelacakan apabila terjadi masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close