Caramantap

Jelaskan Perbedaan Standar ISO 9000 dan ISO 14000

×

Jelaskan Perbedaan Standar ISO 9000 dan ISO 14000

Share this article

ISO (International Organization for Standardization) adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk mengembangkan standar internasional dalam berbagai bidang, termasuk bidang manajemen kualitas dan lingkungan. Dalam bidang manajemen kualitas, ISO mengembangkan standar ISO 9000, sedangkan dalam bidang lingkungan, ISO mengembangkan standar ISO 14000. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara standar ISO 9000 dan ISO 14000? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Fokus

ISO 9000 berfokus pada manajemen kualitas, sedangkan ISO 14000 berfokus pada manajemen lingkungan. Dalam standar ISO 9000, perusahaan harus memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan, sedangkan dalam standar ISO 14000, perusahaan harus memastikan bahwa kegiatan operasionalnya tidak merusak lingkungan.

2. Tujuan

Tujuan dari standar ISO 9000 adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Sedangkan tujuan dari standar ISO 14000 adalah untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan operasional perusahaan dan meningkatkan kinerja lingkungan.

3. Lingkup

Standar ISO 9000 mencakup semua aspek manajemen kualitas dalam sebuah organisasi, mulai dari perencanaan sampai evaluasi. Sedangkan standar ISO 14000 mencakup semua aspek manajemen lingkungan dalam sebuah organisasi, termasuk pengelolaan limbah, penggunaan energi, dan pengelolaan bahan berbahaya.

Pos Terkait:  Sinopsis Novel Badai Pasti Berlalu Karya Marga T

4. Sertifikasi

Perusahaan dapat mendapatkan sertifikasi ISO 9000 jika produk atau jasa yang dihasilkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Sedangkan perusahaan dapat mendapatkan sertifikasi ISO 14000 jika kegiatan operasionalnya telah memenuhi standar lingkungan yang ditetapkan. Namun, perusahaan juga dapat memilih untuk menerapkan standar ISO 14000 sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, meskipun tidak memiliki sertifikasi.

5. Pengaruh

Standar ISO 9000 berpengaruh pada kualitas produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, sedangkan standar ISO 14000 berpengaruh pada kinerja lingkungan perusahaan. Dengan menerapkan standar ISO 9000, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat citra perusahaan. Sedangkan dengan menerapkan standar ISO 14000, perusahaan dapat mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan operasionalnya dan memperkuat tanggung jawab sosial perusahaan.

6. Implementasi

Implementasi standar ISO 9000 melibatkan pengembangan prosedur-prosedur untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Sedangkan implementasi standar ISO 14000 melibatkan pengembangan prosedur-prosedur untuk memastikan bahwa kegiatan operasional perusahaan tidak merusak lingkungan.

7. Manfaat

Manfaat dari menerapkan standar ISO 9000 adalah peningkatan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, peningkatan kepuasan pelanggan, dan peningkatan efisiensi operasional. Sedangkan manfaat dari menerapkan standar ISO 14000 adalah peningkatan kinerja lingkungan, peningkatan citra perusahaan, dan peningkatan efisiensi operasional.

Pos Terkait:  Jelaskan Tujuan dan Keunggulan Kemasan Berbahan Akrilik

8. Kesimpulan

Secara umum, perbedaan utama antara standar ISO 9000 dan ISO 14000 adalah fokusnya. ISO 9000 berfokus pada manajemen kualitas, sedangkan ISO 14000 berfokus pada manajemen lingkungan. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan atau kinerja lingkungan. Oleh karena itu, perusahaan dapat memilih untuk menerapkan salah satu atau kedua standar ini, tergantung pada kebutuhan dan tujuan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close