Caramantap

Bagaimana Gerakan dalam Tari Lego Lego

×

Bagaimana Gerakan dalam Tari Lego Lego

Share this article

Tari lego lego merupakan salah satu tarian tradisional dari daerah Jawa Tengah yang sangat populer. Tarian ini banyak dipentaskan pada acara-acara adat seperti pernikahan, khitanan, dan upacara keagamaan. Gerakan dalam tari lego lego sangat khas dan memukau, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana gerakan dalam tari lego lego dilakukan.

Sejarah Tari Lego Lego

Tari lego lego memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Tarian ini berasal dari daerah Grobogan, Jawa Tengah, dan pertama kali dipentaskan pada zaman Kerajaan Mataram. Pada awalnya, tari lego lego merupakan tarian yang hanya ditampilkan oleh para penari keraton. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tari lego lego menjadi semakin populer dan banyak dipentaskan oleh masyarakat umum.

Perkembangan Tari Lego Lego

Perkembangan tari lego lego tidak lepas dari pengaruh zaman dan budaya. Pada masa penjajahan Belanda, tari lego lego mengalami penurunan popularitas karena banyak masyarakat yang lebih memilih tarian modern yang dianggap lebih menarik. Namun, setelah Indonesia merdeka, tari lego lego kembali bangkit dan menjadi salah satu tarian tradisional yang paling populer di Jawa Tengah.

Pos Terkait:  Cara untuk Membuat Aioli: Resep Mudah dan Lezat!

Gerakan dalam Tari Lego Lego

Gerakan dalam tari lego lego sangat khas dan memukau. Tarian ini biasanya dilakukan oleh sekelompok penari yang terdiri dari wanita dan pria. Gerakan dalam tari lego lego didominasi oleh gerakan kaki yang lincah dan cepat. Selain itu, gerakan tangan dan kepala juga sangat penting dalam tarian ini. Gerakan tangan biasanya dilakukan dengan gerakan yang lembut dan elegan, sementara gerakan kepala dilakukan dengan mengikuti irama musik.

Langkah-langkah dalam Tari Lego Lego

Tari lego lego terdiri dari beberapa langkah dasar yang harus dikuasai oleh para penarinya. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah:

1. Langkah Kuda-Kuda

Langkah kuda-kuda merupakan langkah dasar dalam tari lego lego. Langkah ini dilakukan dengan membuka kaki selebar bahu dan menekuk lutut. Setelah itu, penari melakukan gerakan kaki yang cepat dan lincah.

2. Langkah Tiga

Langkah Tiga dilakukan dengan mengangkat kaki kiri dan menariknya ke belakang. Setelah itu, kaki kanan diangkat dan ditarik ke belakang. Langkah ini dilakukan secara bergantian dengan kedua kaki.

3. Langkah Empat

Langkah empat dilakukan dengan mengangkat kaki kiri ke depan dan menariknya kembali ke belakang. Setelah itu, kaki kanan diangkat ke depan dan ditarik kembali ke belakang. Langkah ini juga dilakukan secara bergantian dengan kedua kaki.

Pos Terkait:  Cara Mendapatkan Kode Generator Facebook dengan Mudah

Pakaian dalam Tari Lego Lego

Pakaian yang digunakan dalam tari lego lego sangat khas dan unik. Penari wanita mengenakan kebaya dengan warna-warna cerah dan kain batik sebagai rok. Sementara itu, penari pria mengenakan baju koko dengan celana panjang. Biasanya, pakaian dalam tari lego lego juga dikombinasikan dengan aksesoris seperti selendang dan sanggul.

Simbolisme dalam Tari Lego Lego

Tari lego lego memiliki banyak simbolisme yang terkait dengan budaya Jawa. Salah satunya adalah simbolisme tentang kebersamaan dan persatuan. Dalam tarian ini, para penari biasanya membentuk lingkaran yang melambangkan persatuan dan kebersamaan.

Manfaat dari Tari Lego Lego

Tari lego lego memiliki banyak manfaat bagi para penarinya. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Gerakan-gerakan dalam tari lego lego dapat membantu meningkatkan kebugaran dan stamina tubuh. Selain itu, tarian ini juga dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres.

Kesimpulan

Tari lego lego merupakan salah satu tarian tradisional yang sangat populer di Jawa Tengah. Gerakan dalam tari lego lego sangat khas dan memukau. Penari lego lego biasanya mengenakan pakaian yang khas dan unik, yang juga memiliki banyak simbolisme dalam budaya Jawa. Tari lego lego memiliki banyak manfaat bagi para penarinya, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang gerakan dalam tari lego lego.

Pos Terkait:  Perbedaan Waktu Indonesia dan Taiwan
close