Caramantap

Perbedaan Waktu Melbourne dan Jakarta

×

Perbedaan Waktu Melbourne dan Jakarta

Share this article

Apakah Anda pernah merasa bingung dengan perbedaan waktu antara Melbourne dan Jakarta? Bagi orang yang sering melakukan perjalanan antar negara, perbedaan waktu dapat menjadi suatu masalah. Hal ini dapat membuat jadwal Anda menjadi terganggu dan membuat tubuh Anda mengalami jetlag. Oleh karena itu, disini akan dijelaskan perbedaan waktu Melbourne dan Jakarta agar Anda tidak lagi bingung ketika melakukan perjalanan ke Melbourne.

Waktu di Melbourne

Melbourne adalah ibu kota negara bagian Victoria di Australia. Waktu di Melbourne merupakan Australian Eastern Standard Time (AEST) atau waktu standar Timur Australia. Waktu ini berada 10 jam di depan Coordinated Universal Time (UTC+10). Melbourne juga menerapkan daylight saving time (DST) atau waktu musim panas. Pada saat DST, waktu di Melbourne menjadi Australian Eastern Daylight Time (AEDT) atau waktu siang hari Timur Australia. Waktu AEDT berada 11 jam di depan UTC+11.

Waktu di Jakarta

Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Waktu di Jakarta merupakan waktu Indonesia bagian barat atau Western Indonesia Time (WIB). Waktu ini berada 7 jam di depan UTC+7. Indonesia juga menerapkan daylight saving time namun hanya diterapkan di beberapa daerah saja seperti di Papua dan Kalimantan Barat. Jadi, Jakarta tidak menerapkan daylight saving time.

Pos Terkait:  Jelaskan Cara Mengisi Kolom Keluarga pada Daftar Riwayat Hidup

Perbedaan Waktu Melbourne dan Jakarta

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan waktu Melbourne dan Jakarta adalah sebagai berikut:

  • Waktu di Melbourne berada 3 jam di depan waktu di Jakarta.
  • Melbourne menerapkan daylight saving time sedangkan Jakarta tidak.

Jadi, saat daylight saving time diterapkan di Melbourne, perbedaan waktu antara Melbourne dan Jakarta menjadi 4 jam.

Kesimpulan

Perbedaan waktu antara Melbourne dan Jakarta adalah 3 jam ketika Melbourne tidak menerapkan daylight saving time dan 4 jam ketika daylight saving time diterapkan di Melbourne. Oleh karena itu, bagi Anda yang melakukan perjalanan antar negara dari Jakarta ke Melbourne atau sebaliknya, pastikan untuk memperhatikan perbedaan waktu agar jadwal Anda tidak terganggu dan terhindar dari jetlag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close