Perbedaan Mandiri GPN dan Visa

Posted on

Apabila kita berbicara mengenai kartu kredit atau debit, pasti kita akan teringat dengan merek Visa yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Namun, di Indonesia terdapat juga jenis kartu debit dari bank Mandiri yang dikenal dengan Mandiri GPN. Apa yang membuat kartu Mandiri GPN berbeda dengan kartu Visa?

Pengertian Mandiri GPN

Mandiri GPN adalah jenis kartu debit dari Bank Mandiri yang menggunakan sistem pembayaran GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. GPN sendiri adalah sistem pembayaran yang dibuat oleh bank-bank nasional di Indonesia untuk menghubungkan mesin ATM dan EDC di seluruh Indonesia.

Kartu Mandiri GPN dapat digunakan untuk melakukan transaksi di seluruh jaringan ATM dan EDC yang terhubung dengan GPN di Indonesia. Dalam hal ini, Mandiri GPN lebih fokus pada penggunaan di dalam negeri.

Pengertian Visa

Visa adalah sebuah merek kartu kredit dan debit yang sangat terkenal di seluruh dunia. Visa sendiri bukanlah bank, melainkan sebuah perusahaan layanan pembayaran. Visa memberikan layanan untuk penggunaan kartu kredit dan debit yang telah diterbitkan oleh bank-bank yang bekerja sama dengan Visa.

Pos Terkait:  Contoh Kalimat Such As dan For Example

Kartu Visa dapat digunakan untuk melakukan transaksi di seluruh dunia, dan biasanya lebih fokus pada penggunaan internasional.

Perbedaan Utama Mandiri GPN dan Visa

Perbedaan utama antara Mandiri GPN dan Visa terletak pada jangkauan penggunaannya. Mandiri GPN lebih fokus pada penggunaan di dalam negeri, sementara Visa lebih fokus pada penggunaan internasional.

Selain itu, Mandiri GPN juga memiliki keuntungan dalam hal biaya transaksi. Biaya transaksi menggunakan Mandiri GPN biasanya lebih rendah dibandingkan dengan biaya transaksi menggunakan kartu Visa.

Namun, di sisi lain, penggunaan kartu Visa juga memiliki keuntungan tersendiri. Kartu Visa dapat digunakan di seluruh dunia, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri.

Keunggulan Mandiri GPN

Salah satu keunggulan dari Mandiri GPN adalah biaya transaksi yang lebih rendah. Biaya transaksi menggunakan Mandiri GPN biasanya hanya sekitar 0,7% dari nilai transaksi, sementara biaya transaksi menggunakan kartu Visa bisa mencapai 3% dari nilai transaksi.

Selain itu, Mandiri GPN juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi di seluruh jaringan ATM dan EDC yang terhubung dengan GPN di Indonesia. Hal ini tentu sangat membantu bagi mereka yang sering melakukan transaksi di dalam negeri.

Pos Terkait:  6 Build Item Baxia Mobile Legends Tersakit dengan

Keunggulan Visa

Kartu Visa memiliki keunggulan dalam hal jangkauan penggunaan. Kartu Visa dapat digunakan di seluruh dunia, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri.

Selain itu, kartu Visa juga biasanya dilengkapi dengan fitur dan manfaat tambahan, seperti program reward dan cashback. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi mereka yang sering melakukan transaksi menggunakan kartu Visa.

Kesimpulan

Secara umum, Mandiri GPN dan Visa memiliki perbedaan utama dalam hal jangkauan penggunaan. Mandiri GPN lebih fokus pada penggunaan di dalam negeri dengan biaya transaksi yang lebih rendah, sementara Visa lebih fokus pada penggunaan internasional dengan fitur dan manfaat tambahan yang lebih banyak.

Pilihan antara Mandiri GPN dan Visa tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Jika Anda lebih sering melakukan transaksi di dalam negeri, maka Mandiri GPN bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda sering melakukan perjalanan ke luar negeri, maka kartu Visa bisa menjadi pilihan yang lebih cocok.

Pos Terkait:  Cara Download File Yang Terkunci: Mudah dan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *