Caramantap

Cara Merubah Teks Menjadi Suara

×

Cara Merubah Teks Menjadi Suara

Share this article

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin merubah teks menjadi suara. Mungkin untuk membantu mereka yang kesulitan membaca atau untuk membuat presentasi yang lebih menarik. Apapun alasan Anda, berikut adalah beberapa cara untuk merubah teks menjadi suara.

1. Menggunakan Aplikasi Text-to-Speech

Salah satu cara termudah untuk merubah teks menjadi suara adalah dengan menggunakan aplikasi text-to-speech. Ada banyak aplikasi seperti ini yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun yang berbayar. Beberapa contoh aplikasi text-to-speech yang populer di Indonesia adalah Google Text-to-Speech dan Ivona Text-to-Speech.

Untuk menggunakan aplikasi text-to-speech, Anda hanya perlu menyalin teks yang ingin Anda ubah menjadi suara dan menempelkannya ke dalam aplikasi. Kemudian, aplikasi akan secara otomatis merubah teks tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

2. Menggunakan Software Text-to-Speech

Anda juga bisa menggunakan software text-to-speech yang lebih canggih untuk merubah teks menjadi suara. Beberapa contoh software text-to-speech yang populer di Indonesia adalah NaturalReader dan Balabolka.

Pos Terkait:  Mengapa Manusia Membutuhkan Keteraturan 2

Untuk menggunakan software text-to-speech, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu di komputer Anda. Setelah itu, Anda bisa menyalin teks yang ingin Anda ubah menjadi suara ke dalam software tersebut. Kemudian, software akan merubah teks tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

3. Menggunakan Layanan Online Text-to-Speech

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi atau software text-to-speech di komputer Anda, Anda bisa menggunakan layanan online text-to-speech. Beberapa layanan online text-to-speech yang populer di Indonesia adalah iSpeech dan NaturalReader Online.

Untuk menggunakan layanan online text-to-speech, Anda cukup mengunjungi situs web layanan tersebut dan menyalin teks yang ingin Anda ubah menjadi suara ke dalam kolom yang tersedia. Kemudian, layanan akan secara otomatis merubah teks tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

4. Menggunakan Software Speech Recognition

Anda juga bisa menggunakan software speech recognition untuk merubah teks menjadi suara. Beberapa contoh software speech recognition yang populer di Indonesia adalah Dragon NaturallySpeaking dan Windows Speech Recognition.

Untuk menggunakan software speech recognition, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu di komputer Anda. Setelah itu, Anda bisa membacakan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara ke dalam software tersebut. Kemudian, software akan merubah teks tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

Pos Terkait:  Cara Membedakan ROM Global dan Distributor

5. Menggunakan Aplikasi Mobile Text-to-Speech

Jika Anda ingin merubah teks menjadi suara di perangkat mobile, Anda bisa menggunakan aplikasi mobile text-to-speech. Beberapa contoh aplikasi mobile text-to-speech yang populer di Indonesia adalah Google Text-to-Speech dan NaturalReader Text to Speech.

Untuk menggunakan aplikasi mobile text-to-speech, Anda hanya perlu menyalin teks yang ingin Anda ubah menjadi suara dan menempelkannya ke dalam aplikasi. Kemudian, aplikasi akan secara otomatis merubah teks tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

6. Menggunakan Layanan Online Text-to-Speech di Perangkat Mobile

Anda juga bisa menggunakan layanan online text-to-speech di perangkat mobile Anda. Beberapa layanan online text-to-speech yang populer di Indonesia adalah iSpeech dan NaturalReader Online.

Untuk menggunakan layanan online text-to-speech di perangkat mobile, Anda cukup mengunjungi situs web layanan tersebut menggunakan browser di perangkat mobile Anda. Kemudian, Anda bisa menyalin teks yang ingin Anda ubah menjadi suara ke dalam kolom yang tersedia. Layanan akan secara otomatis merubah teks tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

7. Menggunakan Perangkat Digital Assistant

Anda juga bisa menggunakan perangkat digital assistant seperti Google Assistant atau Siri untuk merubah teks menjadi suara. Cukup minta asisten digital Anda untuk membacakan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara, dan mereka akan melakukan itu untuk Anda.

Pos Terkait:  Cara Melihat Pengikut di Facebook

8. Menggunakan Perangkat Text-to-Speech

Anda juga bisa menggunakan perangkat text-to-speech khusus seperti speaker pintar atau headphone dengan fitur text-to-speech. Beberapa contoh perangkat text-to-speech yang populer di Indonesia adalah Amazon Echo dan Google Home.

Untuk menggunakan perangkat text-to-speech, Anda cukup menghubungkan perangkat tersebut ke komputer atau perangkat mobile Anda dan menyalin teks yang ingin Anda ubah menjadi suara ke dalam perangkat. Kemudian, perangkat akan secara otomatis merubah teks tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

Kesimpulan

Merubah teks menjadi suara bisa sangat bermanfaat dalam banyak situasi, dan ada banyak cara untuk melakukan itu. Dari aplikasi text-to-speech hingga perangkat digital assistant, pilihlah cara yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

close