Caramantap

Perbedaan Wajib dan Fardhu: Pengertian dan Contohnya

×

Perbedaan Wajib dan Fardhu: Pengertian dan Contohnya

Share this article

Sebagai umat Muslim, kita tentu sering mendengar istilah wajib dan fardhu. Kedua istilah tersebut seringkali digunakan untuk menyebutkan kewajiban dalam menjalankan ibadah. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya terdapat perbedaan antara wajib dan fardhu? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Wajib

Wajib merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat Muslim. Ketentuan wajib ini berasal dari Al-Quran dan hadis, serta dijelaskan oleh para ulama. Wajib terbagi menjadi dua jenis, yaitu wajib mutlak dan wajib syarat.

Wajib mutlak adalah kewajiban yang harus dilakukan tanpa terkecuali, seperti shalat lima waktu, zakat, puasa Ramadhan, dan haji bagi yang mampu. Sedangkan wajib syarat adalah kewajiban yang harus dilakukan dengan syarat tertentu, misalnya shalat jenazah yang hanya wajib dilakukan jika ada jenazah di sekitar kita.

Pengertian Fardhu

Sedangkan fardhu juga merupakan kewajiban dalam Islam. Namun, perbedaan fardhu dengan wajib terletak pada bobotnya. Fardhu lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengan wajib. Kewajiban fardhu merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim tanpa terkecuali.

Setiap Muslim harus menjalankan kewajiban fardhu meskipun dalam kondisi apapun, baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Beberapa contoh kewajiban fardhu antara lain shalat fardhu, membayar zakat fitrah, dan membayar zakat mal jika memenuhi syarat.

Pos Terkait:  Cara Mengaktifkan U Dictionary

Contoh Perbedaan Wajib dan Fardhu

Untuk lebih memahami perbedaan antara wajib dan fardhu, berikut ini beberapa contohnya:

Contoh Wajib

1. Shalat Jumat

2. Shalat Tarawih

3. Zakat

4. Puasa Ramadhan

5. Haji bagi yang mampu

Contoh Fardhu

1. Shalat Fardhu

2. Membayar Zakat Fitrah

3. Membayar Zakat Mal jika memenuhi syarat

4. Mengerjakan ibadah haji jika mampu

Kesimpulan

Jadi, perbedaan antara wajib dan fardhu terletak pada bobotnya. Meskipun keduanya merupakan kewajiban dalam Islam, namun fardhu lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengan wajib. Setiap Muslim harus menjalankan kewajiban fardhu meskipun dalam kondisi apapun, baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Namun, kewajiban wajib juga harus diperhatikan karena juga merupakan bagian dari kewajiban dalam Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close