Apakah Lasik Bisa Pakai BPJS?

Posted on

Lasik atau Laser-Assisted In Situ Keratomileusis adalah salah satu metode operasi penglihatan yang populer di Indonesia. Operasi ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Namun, banyak orang yang masih bertanya-tanya, apakah Lasik bisa dipakai BPJS?

Penjelasan Tentang BPJS

Sebelum membahas lebih lanjut apakah Lasik bisa dipakai BPJS, ada baiknya kita mengetahui apa itu BPJS. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah lembaga yang memberikan jaminan sosial kepada masyarakat Indonesia. BPJS terdiri dari dua jenis, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Dengan membayar iuran, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih terjangkau dan berkualitas. BPJS Kesehatan memberikan layanan kesehatan mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pengobatan penyakit.

Lasik dan Biaya Operasi

Lasik adalah operasi penglihatan yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya Lasik bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung dari jenis operasi dan klinik yang dipilih. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin melakukan Lasik bertanya-tanya apakah BPJS bisa menanggung biaya operasi ini.

Pos Terkait:  Biaya Beli Pulsa di Internet Banking BRI

Lasik dan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat Indonesia, termasuk layanan operasi. Namun, BPJS Kesehatan hanya menanggung operasi yang bersifat medis atau terkait kesehatan. Operasi yang bersifat kosmetik atau estetik tidak termasuk dalam jaminan BPJS Kesehatan.

Lasik dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan sosial bagi tenaga kerja yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan. Namun, BPJS Ketenagakerjaan hanya menanggung kecelakaan kerja atau sakit yang terkait dengan pekerjaan. Operasi Lasik tidak termasuk dalam jaminan BPJS Ketenagakerjaan.

Alternatif Pembayaran Lasik

Jika Anda ingin melakukan operasi Lasik, ada beberapa alternatif pembayaran yang bisa dipilih. Anda bisa membayar biaya operasi secara tunai atau dengan menggunakan kartu kredit. Beberapa klinik juga menyediakan program cicilan untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan Lasik namun tidak memiliki cukup uang untuk membayar secara tunai.

Kesimpulan

Apakah Lasik bisa dipakai BPJS? Jawabannya tergantung dari jenis BPJS yang dimiliki. BPJS Kesehatan hanya menanggung operasi yang bersifat medis, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan hanya menanggung kecelakaan kerja atau sakit yang terkait dengan pekerjaan. Jika Anda ingin melakukan Lasik, ada beberapa alternatif pembayaran yang bisa dipilih, seperti membayar secara tunai atau dengan menggunakan kartu kredit. Beberapa klinik juga menyediakan program cicilan untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan Lasik namun tidak memiliki cukup uang untuk membayar secara tunai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *